Deretan Mobil Toyota yang Diproduksi Daihatsu, Apa Saja?

Deretan Mobil Toyota yang Diproduksi Daihatsu, Apa Saja?

Ilustrasi

Jakarta - Di Indonesia, tidak semua mobil merek Toyota diproduksi oleh pabrikan itu sendiri. Ada juga beberapa model yang diproduksi berbarengan dengan Daihatsu.

Seperti diketahui secara global Daihatsu memang telah dimiliki oleh Toyota. Tak heran kalau keduanya berbagi platform dan memiliki mobil-mobil dengan wajah serupa.

Avanza jadi contoh pertama. Avanza yang wajahnya mirip dengan Xenia juga lahir bersamaan dari pabrik Daihatsu. Hal itu berlaku untuk produksi Avanza yang juga bakal diekspor ke beberapa negara. 

Selain Avanza, Rush juga lahir dari pabrik Daihatsu. Rush yang wajahnya mirip dengan Terios juga terlahir dari pabrik Astra Daihatsu Motor. Selanjutnya ada Wigo. Wigo di Indonesia dikenal dengan Agya. Wigo yang juga kembar dengan Ayla turut diproduksi oleh pabrik Daihatsu. 

Terakhir ada Lite Ace mobil van Toyota yang dibuat oleh Daihatsu di Indonesia untuk dikirim ke Jepang. Total ada tujuh model mobil yang diproduksi oleh Daihatsu yaitu Avanza, Terios, Rush, Wigo, Gran Max, Town Ace, dan Lite Ace. 

Toyota sendiri memproduksi mobilnya di pabrik milik Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN). Apa saja yang diproduksi oleh TMMIN? Dalam data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) TMMIN memproduksi Fortuner, Innova, Vios, Sienta, dan juga Yaris.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews