Mengenal Red Baron, Batu Akik Para Bangsawan

Mengenal Red Baron, Batu Akik Para Bangsawan

Batu Red Baron. (foto: istimewa/bukalapak)

BATAMNEWS.CO.ID - Batu Red Baron atau juga disebut bangsawan merah, terdengar seperti sesuatu yang berasal dari luar negeri. Padahal batu ini asli batuan dari Nusantara. Batu ini diidentikkan dengan batu para bangsawan.

Batu akik Red Baron adalah tergolong jenis batu Calchedony yang terkenal indah dan bisa didapatkan di wilayah Pacitan. Tingkat kekerasan di atas 7 skala mohs. Batu dengan warna merah seperti Red Baron juga ditemui di Bengkulu dan Baturaja.

Baru-baru ini, Hutomo Mandala Putra alias Tommy Soeharto melelang batu Red Baron miliknya. Pemenang lelang adalah Wakil Ketua DPRD DKI Jakarta, H Abraham Lunggana alias Haji Lulung. Ia mendapatkan batu indah itu dengan harga Rp 150 juta.


Batuan jenis ini memiliki banyak warna dan rupa dalam corak batu akik yang ditampilkannya. Dari mulai warna putih, merah, ungu, kuning dan lain-lain.

Khusus untuk Red Baron adalah yang memiliki warna merah tua dan memiliki kualitas yang super.

Warna merah yang tampak pada Red Baron kualitas super adalah warna merah tua yang dekat dengan warna kebangsawanan, dimana proses kristalisasi batu sudah terjadi sempurna. Disebut Red Baron juga dikarenakan oleh konon para raja dan bangsawan pada masa lampau menggunakan batu akik jenis Red Baron ini.

Di lapangan, para pencari batu akik khususnya di Pacitan sudah mulai kesulitan untuk menemukan Red Baron kualitas super. Yang biasa ditemukan hanya memiliki warna yang belum sempurna seperti merah muda, putih hingga kuning. Untuk ukuranpun sudah jarang yang dapat menemukan Red Baron super berukuran besar.

Batu Red Baron asli Pacitan hanya terdapat di sekitar Sungai Maron, yang terletak di Desa Dersono, Kecamatan Pringkuku. Susahnya mendapatkan bahannya lantaran daerah ini termasuk ke dalam kawasan cagar alam.

Dengan adanya permintaan yang tinggi terhadap batu akik ini, sedangkan barang yang beredar sedikit bahkan tidak tersedia membuat harga Red Baron akhir-akhir ini menjulang tinggi. Harga untuk ukuran kecil saja dapat mencapai Rp 3-5 juta. Untuk ukuran besar dan memiliki warna merah tua super harganya dapat menembus hingga angka ratusan juta rupiah.
 
Berikut ciri batu Red Baron yang membuat pecinta batu akik memburunya:
- Jika diperhatikan pada cahaya terang, maka Red Baron akan memberikan kilau yang sama dengan kilau yang ditampilkan oleh moonstone atu batu bulan.
- Untuk beberapa batu yang langka, tampilan kilau bahkan akan lebih tegas persis seperti batu akik mata kucing atau cat eye
- Hebatnya batu ini dapat beradaptasi dengan pencahayaan yang berbeda, sehingga merubah warna asli batu tersebut.
- Motif serat seperti punggung kura-kura menjadi tanda keaslian batu Red Baron

(ind/berbagai sumber)

Komentar Via Facebook :