Video: Manado Dihantam Gelombang Laut Setinggi 2,5 hingga 4 Meter

Video: Manado Dihantam Gelombang Laut Setinggi 2,5 hingga 4 Meter

Foto : Istimewa

Jakarta - Badan Metereologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) meminta warga di sekitar perairan Sulawesi, termasuk Manado dan Maluku untuk mewaspadai gelombang laut setinggi 2,5-4 meter yang diperkirakan bakal terjadi hingga Jumat pagi (28/12).

"Peringatan dini ini berlangsung hingga tanggal 28 Desember 2018 pukul 08.00 WITA," kata Kepala Seksi Observasi dan Informasi, BMKG Stasiun Meteorologi Kelas II Maritim Bitung, Sulawesi Utara (Sulut) Ricky Daniel Aror SSi, seperti dikutip dari Antara, Kamis (27/12). 

Gelombang setinggi empat meter, menurut dia, berpeluang terjadi di Laut Sulawesi bagian Timur, Perairan Kepulauan Sangihe dan Talaud serta Laut Maluku bagian Utara.

Selanjutnya, untuk gelombang setinggi 1,25-2,5 meter diperkirakan terjadi di Laut Sulawesi bagian Tengah, perairan Bitung dan Manado, Laut Maluku bagian Selatan, serta perairan Selatan Sulut.

"Masyarakat dan kapal-kapal di daerah yang dikeluarkan peringatan dini diharapkan memperhatikan kondisi itu," ajaknya.

Daniel juga berharap masyarakat memperhatikan risiko tinggi keselamatan pelayaran. Untuk perahu nelayan diharapkan memperhatikan kecepatan angin di atas 15 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Kategori kapal tongkang diharapkan memperhatikan kecepatan angin jika lebih dari 16 knot dengan tinggi gelombang di atas 1,5 meter. Sedangkan kapal Ferry, berhati-hati apabila kecepatan angin lebih dari 21 knot dengan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Selanjutnya, kapal berukuran besar seperti kargo dan kapal pesiar memperhatikan kecepatan angin lebih dari 27 knot dengan ketinggian gelombang di atas 4,0 meter.

Sementara itu, sebuah video yang menunjukkan gelombang tinggi di Manado viral di media sosial. Dalam video tersebut, sejumlah warga terlihat berlarian menjauhi tepi laut. 

 

(pkd)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews