UMSK Batam 2019 Akhirnya Ditetapkan, Ini Besarannya

UMSK Batam 2019 Akhirnya Ditetapkan, Ini Besarannya

Ilustrasi.

Batam - Upah Minimum Sektoral Kota (UMSK) Batam tahun 2019 akhirnya. Penetapan ini setelah melalui proses panjang dan alot di tingkat Dewan Pengupahan Kota.

Dari hasil rapat DPK yang dihelat di Kantor Dinas Tenaga Kerja Kota Batam, diputuskan angka UMSK 2019 dalam tiga sektor. Untuk sektor I = Rp 3.806.358 (1+1%). Sektor II = Rp 3.806.358 (1+2%). Sektor III = Rp 3.806.358 (1+7%).

Anggota DPK Batam Simson Sebayang mengatakan, walaupun berlangsung alot, namun rapat ini mendapat hasil yang dianggap adil.

"Tidak ada protes dari pihak pekerja karena hasil rapat sudah sesuai," ujar Simson, Kamis (27/12/2018).

Penetapan UMSK ini mengacu pada UMSK 2018. Keputusannya UMSK dibahas di Dewan Pengupahan, walaupun pembagian sektor mengacu pada UMSK 2018.

Rapat ini dihadiri oleh 19 peserta rapat dari pekerja dan pemerintah. Namun Apindo tidak menghadiri diskusi ini setelah dua kali diundang oleh DPK. 

Simson mengatakan pihaknya memutuskan menjadi mediator setelah dua pekan perundingan dengan Apindo tidak membuahkan hasil. "Tahapan-tahapannya sudah kami fasilitasi tapi tidak juga ada hasil, akhirnya kami ambil alih," ujarnya.

Ratusan para serikat buruh lainnya, menunggu hasil rapat tersebut di depan kantor Disnaker hingga keputusan tersebut dikeluarkan. 

Ketua Konsulat Cabang Kota Batam FSPMI, Alfithoni mengatakan, cukup puas dengan hasil rapat hari ini. "Kami sangat menghormati keputusan rapat dewan pengupahan, dan kami rasa ini keputusan adil," ujarnya.

Walaupun begitu, dirinya bersama buruh yang tergabung dalam serikatnya tidak akan puas cukup sampai di sini. "Kami akan mengawal hasil rapat ini, hingga ditetapkan sebagai SK Gubernur," ucapnya. 

Dia juga menyesalkan atas ketidakhadiran Apindo dalam penentuan keputusan UMSK 2019.  "Kami kecewa Apindo tidak datang, tidak setuju boleh tapi bukan dengan cara tidak hadir di perundingan seperti ini," katanya.

(das)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews