PVMBG Pastikan Gunung Anak Krakatau Belum Tunjukkan Letusan Besar

PVMBG Pastikan Gunung Anak Krakatau Belum Tunjukkan Letusan Besar

Gunung Anak Krakatau.

Bandung-  Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana (PVMBG) mengimbau masyarakat agar tidak panik, terkait isu yang beredar bahwa Gunung Anak Krakatau akan meletus dengan kekuatan besar.

"Saat ini di masyarakat beredar isu Gunung Anak Krakatau akan meletus besar, ini klarifikasi Anak Krakatau masih dalam letusan yang sama belum menunjukan ke letusan besar," ujar Kabid Mitigasi Gunung Api Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG), Wawan Irawan di Bandung, Minggu (23/12/2018).

Hasil pengamatan, analisis data dan visual instrumental hingga tanggal 23 Desember 2018, tingkat aktivitas Anak Krakatau masih tetap Level II atau waspada. Data tersebut menunjukan belum ada tanda-tanda yang mengarah pada letusan besar.

Secara visual, pada Sabtu (22/12), teramati letusan dengan tinggi asap berkisar 300-1.500 meter di atas puncak kawah. Secara kegempaan, terekam gempa tremor menerus dengan amplitudo overscale 58 mm.

Sejak aktif pada Juni 2018, letusan erupsi Gunung Anak Krakatau bersifat fluktuaktif. Dari data pemantauan seismograf, jumlah letusan tertinggi terjadi pada November 2018 dengan material yang dikeluarkan (larva dan api pijar) hingga radius dua kilometer.

Untuk itu, PVMBG meminta agar warga tidak termakan isu-isu yang belum jelas kebenarannya, serta tidak mendekati sekitar gunung dalam radius dua kilometer dari kawah.

"Masyarakat di wilayah pantai Provinsi Banten dan Lampung harap tenang dan jangan mempercayai isu-isu tentang erupsi Gunung Anak Krakatau yang akan menyebabkan tsunami. Masyarakat dapat melakukan kegiatan seperti biasa dengan senantiasa mengikuti arahan BPBD setempat," kata dia.

(*)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews