Kementan Datangkan 150 Sapi Asli Australia ke Lingga

Kementan Datangkan 150 Sapi Asli Australia ke Lingga

Sapi brahman yang didatangkan oleh Kementan RI untuk Lingga (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Kementerian Pertanian (Kementan) RI mendatangkan 150 ekor sapi brahma cross asli Australia ke Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau. Sapi-sapi tersebut diberikan kepada 10 kelompok peternak di seluruh kecamatan yang ada di Lingga.

Kepala Bidang (Kabid) Peternakan dan Kesehatan Hewan, Teuku Taufik Ardiansyah mengatakan, sapi brahman diberikan sebagai langkah percepatan penambahan populasi untuk pencapaian swasembada daging sapi di Indonesia.

"Ini merupakan upaya dalam mengembangkan dan meningkatkan program peternakan di Kabupaten Lingga," kata Taufik belum lama ini.

Ia menjelaskan, sapi brahman umumnya merupakan jenis sapi yang mudah beradaptasi dengan lingkungan. Pertumbuhan jauh lebih cepat, tahan terhadap penyakit, budidaya yang relatif mudah serta produksi dagingnya tinggi.

"Sapi ini berkembang dengan sangat baik di Australia Utara, yang kulturnya tidak jauh berbeda dengan di Indonesia. Tapi pada dasarnya, jenis ternak sapi apa saja bisa berkembang dengan baik di Indonesia asalkan jumlah dan kualitas pakan yang diberikan mencukupi, serta tersedia air minum yang cukup," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap bagi kelompok ternak penerima bantuan sapi tersebut, dapat meningkatkan populasi ternak. Sehingga, Kabupaten Lingga kedepannya mampu menjadi sentra daging sapi di daerah perbatasan.

(ruz)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews