Bakesbangpol Lingga Aktifkan Kembali Perkebunan Kelapa di Pulau Talas

Bakesbangpol Lingga Aktifkan Kembali Perkebunan Kelapa di Pulau Talas

Plt Kepala Bakesbangpol Lingga, Armia (Kanan) bersama penduduk setempat ketika melakukan pembersihan terhadap lokasi penanaman kelapa hibrida di Pulau Talas (Foto:ist/Batamnews)

Lingga - Penanaman kelapa hibrida yang dilakukan oleh Bupati Lingga, Alias Wello bersama ratusan pegawai di berbagai OPD Pemkab Lingga, pertengahan 2016 lalu di Pulau Talas, Desa Tanjung Kelit, Kecamatan Bakung Serumpun, sempat terbengkalai.

Hingga sekarang pun, tidak ada hasil dari pemanfaatan pulau kosong itu. Bahkan, sebagian lokasi yang menjadi proyek percontohan tersebut sudah ditumbuhi semak belukar karena tidak adanya perawatan.

Namun, menjelang akhir tahun 2018 ini, Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Lingga, yang dipercaya menjadi koordinator untuk pengelolaan perkebunan kelapa di Pulau Talas itu akan kembali menggerakkan para pegawai ke lokasi perkebunan guna melakukan gotong royong.

"Perkebunan kelapa itu sudah diserahkan oleh Pak Bupati kepada koperasi pegawai. Jadi, dalam hal ini kami dari Kesbangpol sebagai koordinator. Maka, seminggu sekali mulai dari OPD kabupaten, kecamatan sampai kelurahan akan dikerahkan untuk gotong royong dan bersih lahan," kata Plt Kepala Bakesbangpol Lingga, Armia kepada Batamnews.co.id, Kamis (20/12/2018).

Ia mengaku, berdasarkan pantauan beberapa hari di lapangan, sekitar 75 persen kelapa yang ditanam pertumbuhannya cukup bagus. Sedangkan sisanya gagal karena tidak terawat.

"Kami akan fasilitasi semuanya. Karena lahan itu akan diurus lagi, terutama masalah status lahan. Ini untuk mensukseskan program Bupati Lingga. Terlebih lagi usai pelaksanaan KTT kelapa kemarin," ujarnya.

Dengan demikian, ia berharap perkebunan kelapa dengan memanfaatkan pulau kosong tersebut dapat berjalan dengan baik. Sehingga, nantinya dapat dinikmati oleh seluruh masyarakat Lingga.

(ruz)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews