Ini Waktu Terbaik Minum Kopi di Pagi Hari

Ini Waktu Terbaik Minum Kopi di Pagi Hari

Menikmati secangkir kopi di pagi hari ada waktu yang pas nya loh (Foto:net/kompas)

Jakarta - Banyak orang terbiasa minum kopi langsung setelah bangun tidur. Padahal menurut peneliti, ada waktu terbaik untuk menikmati air berwarna hitam itu.

Kopi jadi bagian dari menu sarapan banyak orang. Meminum minuman yang berkafein ini diyakini mampu membuat tubuh berenergi. Rasa pahitnya yang khas juga membuat banyak orang menyukainya.

Jika selama ini kebanyakan orang minum kopi sesaat usai bangun tidur, peneliti justru tidak menyarankannya. Dikutip dari WKRN (10/12/2018), peneliti menekankan waktu terbaik minum kopi adalah 1 jam setelah bangun tidur.

Hal itu terkait produksi kortisol tubuh seseorang. Sejam setelah bangun tidur merupakan salah satu waktu tubuh memproduksi kortisol paling banyak.

Para peneliti menyebut kortisol sebagai hormon stress utama seseorang yang bekerja dengan bagian-bagian tertentu dari otak seseorang untuk mengendalikan suasana hati. Secara alami, tubuh menghasilkan lebih banyak kortisol saat sedang stress untuk tingkatkan kewaspadaan.

Nah, minum kopi di waktu tubuh memproduksi kortisol terbanyak memungkinkan kafein dalam kopi akan bekerja melawan efek kewaspadaan kortisol. Kadang kala, kebiasaan ini juga membuat tubuh seseorang lebih bisa menerima asupan kopi.

Hal lain yang juga ditekankan peneliti adalah kebiasaan minum kopi yang banyak dari seseorang. Jika seseorang minum lebih dari 1 cangkir kopi per hari disarankan untuk mengonsumsi kopi di waktu yang tepat.

Sebaiknya minum kopi di waktu-waktu dimana tubuh memproduksi banyak kortisol lainnya. Waktu yang dimaksud adalah sekitar jam 1 siang dan antara jam 5 sore hingga 6.30 malam.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews