Petinju Transgender Tumbangkan Petinju Pria di Ring Profesional

Petinju Transgender Tumbangkan Petinju Pria di Ring Profesional

Patricio Manuel (Foto: bbc.com)

Amerika Serikat - Patricio Manuel, petinju transgender pertama yang bertarung secara profesional di AS, mencatat sejarah dengan mengalahkan Hugo Aguilar di kelas bulu super.

Petinju Amerika berusia 33 tahun itu lahir sebagai perempuan, dan pernah tampil dalam tinju amatir perempuan, sebelum menjalani operasi penggantian jenis kelamin.

Dalam pertarungan ini, Manuel menang angka dengan suara bulat dalam pertandingan empat ronde yang berlangsung di Indio, California.

Terdengar sejumlah cemoohan dari kerumunan penonton ketika Manuel memberikan wawancara usai pertandingan.

"Saya bisa mendengar beberapa fans tidak senang. Tidak apa-apa, saya akan kembali lagi. Saya akan membuat mereka bahagia nanti," katanya.

Sebelumnya, Manuel adalah juara nasional lima kali di tinju amatir perempuan, dan sempat ikut uji coba tim tinju perempuan AS untuk Olimpiade 2012.

Dia kemudian memulai transisi jenis kelamin dari perempuan ke laki-laki pada tahun 2013.

"Ada sejumlah orang yang nyinyir kepada saya di luar sana, dan saya akan membuktikan bahwa saya pantas berada di sini," tambah Manuel.

"Saya tidak mau naik ring untuk sekali tampil, satu pertandingan belaka. (Tinju) ini adalah sesuatu yang saya sukai. Saya masih akan terus menekuni olahraga ini. Saya akan kembali (ke ring)."

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews