5 Trik Jitu Bereskan Rumah Berantakan Dalam 15 Menit

5 Trik Jitu Bereskan Rumah Berantakan Dalam 15 Menit

Ilustrasi (Foto: liputan6.com)

Batam - Pernahkah Anda berada dalam situasi ketika tamu akan mampir ke rumah dalam waktu 15-20 menit, tetapi kondisi rumah terlihat berantakan? Lalu, Anda merasa panik karena tidak ada waktu banyak untuk merapihkannya.

Untungnya, ada beberapa cara untuk membereskan apartemen atau rumah Anda dengan sangat cepat. Bahkan, jika 'kekacauan' terlihat seperti medan perang, semua bisa kembali normal dan tertata hanya dalam sekejap.

Menlasir Bright Side, Minggu (9/12/2018), berikut 5 trik jitu mengubah rumah yang berantakan menjadi rapi dalam waktu sekitar 15 menit. Sehingga Anda tak perlu khawatir ketika teman, kolega atau tamu penting lainnya datang ke rumah.

1. Serambi

Serambi adalah muka rumah Anda dan itu adalah hal pertama yang dilihat oleh tamu Anda ketika berkunjung. Berikut beberapa trik yang akan membantu Anda untuk membersihkan serambi secara kilat:

1. Hilangkan semua pakaian yang tergantung di rak mantel. Keberadaan mereka hanya membuat pintu masuk rumah Anda terlihat lebih kecil dan lebih berantakan.

2. Jika Anda tidak memiliki laci khusus untuk sepatu, letakkan di dalam tas belanja (totebag) dan gantung pada sebuah pengait.

3. Masukkan semua koran, majalah, dan jenis kertas lain ke dalam kotak. Sortir jika tamu sudah pulang.

4. Untuk membuat karpet pintu masuk Anda terlihat bersih, Anda dapat menuangkan soda kue di atasnya. Bahan ini akan menyerap kelembapan udara dan kotoran. Lalu, bersihkan karpet dengan penghisap debu (vacuum cleaner).

2. Toilet

Membersihkan toilet, bagi sejumlah orang, bukanlah kegiatan yang menyenangkan. Tetapi, Anda dapat mempercepat prosesnya:

1. Semprotkan larutan disinfektan pada dudukan toilet dan bersihkan. Para ahli juga merekomendasikan penggunaan tisu pembersih antibakteri.

2. Jangan lupa untuk mengeluarkan gulungan kertas toilet yang baru. Para ilmuwan telah melakukan beberapa jajak pendapat tentang cara menempatkan gulungan pada tempat kertas toilet. Ternyata, ujung kertas toilet harus menggantung dari depan gulungan, bukan dari belakang atau menghadap tembok. Gambar di bawah ini menunjukkan, yang kanan adalah yang benar.

3. Letakkan beberapa tetes minyak esensial pada kapas dan taruh di rak sabun untuk membuat aroma toilet menjadi segar.

3. Kamar Mandi

Kamar mandi merupakan bagian penting dari rumah Anda yang harus dibersihkan sebelum tamu datang. Mungkin butuh berjam-jam, tetapi ada triknya bila ingin cepat rampung:

1. Selama beberapa menit sebelum Anda mulai membersihkan kamar mandi, nyalakan air panas. Uapnya akan melembabkan semua permukaan lantai, dinding, atap, dan kaca di kamar mandi. Anda akan lebih mudah menghilangkan kotoran.

2. Jangan lupa untuk menggantung handuk bersih dan menyediakan sebatang sabun baru.

3. Buang sikat gigi lama, sembunyikan sisir Anda, dan singkirkan produk perawatan pribadi Anda.

4. Dapur

Agar tetap bersih dan rapi, berikut beberapa kiat mudah untuk membersihkan dapur rumah Anda:

1. Pakar kebersihan mengklaim bahwa kita tidak boleh membersihkan perabot dan meja dapur dengan gerakan melingkar. Praktik ini hanya menyebarkan kotoran kembali menempel kembali di permukaan yang Anda bersihkan. Kuncinya: selalu gunakan pola S.

2. Jika pintu lemari es Anda terbuat dari baja tahan karat, Anda bisa menyeka dengan minyak kelapa agar terlihat mengkilap. Oleskan sedikit minyak kepala ke kain bersih dan usapkan ke pintu kulkas. Dalam beberapa detik, semua noda akan hilang.

3. Lantai dapur dapat dengan mudah dibersihkan dengan sampo rambut.

4. Dapur Anda tidak akan terlihat bagus jika ketel Anda kotor. Untuk membuat proses pembersihan lebih cepat dan mudah, isi ketel dengan air, taruh di atas kompor, dan nyalakan kompor. Cukup itu saja.

5. Ruang Tamu

Ruang utama tempat para tamu berkumpul adalah ruang tamu. Ada banyak tips menarik tentang cara menyembunyikan 'kekacauan' di ruang tamu:

1. Bersihkan debu dari semua permukaan porselen dan benda yang terlihat. Anda dapat menggunakan roller pakaian. Benda ini akan mengangkat semua debu dan bulu hewan peliharaan dari kursi, meja, lemari dan barang lain.

2. Sejajarkan semua barang (vas, buku, pajangan) atau tempatkan secara tegak lurus. Ini adalah isyarat visual dari kerapihan.

(aiy)