Festival Bestari 2 Baznas Kota Batam Bangun Ukhuwah Islamiyah

Festival Bestari 2 Baznas Kota Batam Bangun Ukhuwah Islamiyah

Gelar Festival Bestari 2 oleh Baznas Kota Batam di Belakangpadang. (Foto: istimewa).

Batam - Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Batam menggelar Festival Bestari 2 bersempena dengan peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW. Festival ini terdiri dari berbagai lomba bagi anak-anak pesisir di pulau-pulau di Kecamatan Belakangpadang. 

Ketua Baznas Kota Batam Moch Arief mengatakan kegiatan ini acara tahunan dari Baznas. 

"Peserta tahun ini terdiri dari, dai binaan Baznas Kota Batam, sekitar 500 orang yang juga dari masyarakat di Kecamatan Belakangpadang dan Bulang," ujar Arief di Gedung PIH Batam Center, Sabtu (24/12/2018). 

Adapun lomba dalam Festival Bestari 2 terdiri dari lomba rebana, cerdas cermat, tahfiz, adzan, balas pantun dan cermah agama. Selain itu juga ada kegiatan dai yang terdiri dari manasik haji dan motivasi keislaman. 

Arief menuturkan bahwa acara festival ini diadakan untuk pertemuan tahunan diantara para dai dan guru anak pesisir Baznas Kota Batam sekaligus juga menjadi sarana public show.

Selain itu, acara ini juga dimaksudkan untuk menguatkan ukhuwah diantara para dai dan guru anak pesisir dan guru anak pesisir dengan Baznas Kota Batam. 

“Program Baznas dengan penempatan dai dan guru anak pesisir telah berjalan hampir 15 tahun di wilayah Belakangpadang,” katanya.

Selain mengadakan lomba-lomba bertema Islami, pihaknya juga memberikan santunan 100 anak yatim duafa. Serta memberikan program satu keluarga satu sarjan dan bantuan modal produktif binaan. 

Bantuan-bantuan tersebut diakui Arief berkat pembayaran zakat yang diberikan masyarakat Kota Batam. Ia juga mengapresiasi atas seruan oleh Wali Kota Batam yang bersama-sama mengimbau untuk membayarkan zakat.

"Alhamdulilah sangat berterimakasih kepada Pemko Batam ya, yang juga saling mengingatkan kesesama saudara muslim agar membayar zakat," ujarnya.

Untuk tahun ini, total pembayaran zakat Kota Batam melebihi target. Sampai bulan November ini sudah mendapatkan Rp 10 miliar dari target Rp 8 miliar.

"Sudah melebihi target, ini tandanya ketaatan umat muslim bayar zakat juga meningkat. Target tahun depan kita optimis bisa capai Rp 13 miliar," sebutnya.

Kegiatan ini akan terus berlangsung setiap tahunnya. Ia pun mengimbau kepada masyarakat Batam untuk juga ikut membayar zakat bagi yang mampu atau berkecukupan lebih.

"Saudaraku muslimin, bagi yang memliki rezki yang berlebih, ayok mari kita membayar zakat, banyak saudara kita yang bisa terbantu," kata dia. 

Mewakili Wali Kota Batam, Jefridin menyampaikan, sangat mengapresiasi kegiatan ini yang bentuk impelementasi dari hasil zakat yang sudah terkumpul.

"Semoga masyarakat Batam berlomba-lomba membayar zakat, dimana, hasil dari ini dapat membantu sesama manusia," katanya.

Disampaikannya, bahkan pegawai yang ada di lingkungan Pemko Batam sudah diserukan untuk berkewajiban dalam membayar zakat.

"Ini merupakan usulan dari pak wali kota. Kita sudah surati seluruh pegawai di tiap-tiap OPD agar membayar zakat," ujarnya 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews