Jorginho Dimatikan, Chelsea pun Tak Berdaya

 Jorginho Dimatikan, Chelsea pun Tak Berdaya

Spurs sukses mematikan Jorginho dan Chelsea pun kalah (Matthew Childs/Reuters)

London - Tottenham Hotspur sukses mengalahkan Chelsea. Keberhasilan mematikan Jorginho jadi kunci utama kemenangan Lilywhites.

Rekor tak terkalahkan Chelsea di musim ini harus terhenti usai dikalahkan Spurs dengan skor 1-3 di Wembley, Minggu (25/11/2018) dini hari WIB. Hasil ini juga membuat Spurs sukses menggeser posisi The Blues di peringkat Liga Premier Inggris.

Tiga gol skuat asuhan Mauricio Pochettino dalam laga ini diciptakan oleh Dele Alli pada menit ke-8, Harry (16') serta Son Heung-min (54'). Sedangkan satu gol balasan Chelsea diciptakan oleh Olivier Giroud (85').

Salah satu faktor kunci kemenangan Spurs adalah mereka sukses mematikan Jorginho. Pemain berpaspor Italia ini memang punya peran vital di lini tengah The Blues sejak didatangkan dari Napoli musim panas lalu.

Di bawah Maurizio Sarri, Jorginho ditugaskan sebagai pengalir bola dari lini belakang ke lini depan. Tugas ini mampu diembannya dengan baik,dimana permainan umpan pendek cepat Chelsea ala Sarri yang berpusat padanya sangat atraktif dan sulit dihentikan.

Namun magi Jorginho seakan hilang di laga tadi. Keberanian Pochettino menggunakan formasi 4-3-1-2 menyulitkan bek Chelsea mengumpan kepada Jorginho yang selalu dijaga ketat. Kondisi tersebut memaksa mereka melepaskan umpan panjang ke sisi pertahanan Spurs.

"Sudah jelas kan sangat sulit mengoptimalkan Jorginho seperti biasanya setelah lima menit pertandingan," Kata Sarri dilansir dari Fox Sport.

"Kami mendapatkan bola dari bek tengah dan kemudian langsung mengirimnya ke posisi bek sayap lawan. Itu satu-satunya cara untuk memainkan bola sekitar satu atau dua detik," sambungnya.

"Kami terkejut karena mereka biasanya bermain dengan 4-2-3-1 atau 4-3-3, tetapi kali mereka bermain dengan 4-3-1-2."

Tak berkutiknya Jorginho di laga kontra Tottenham juga bisa dilihat dari statistik umpannya dalam laga ini. Whoscored melansir pemain kelahiran Brasil tersebut hanya mampu melepas 52 umpan dengan 43 di antaranya adalah umpan akurat.

Presentase umpan sukses Jorginho dalam laga di Stadion Wembley tersebut hanyalah 83 persen. Jumlah ini jauh lebih rendah dari rataan umpannya di semua laga Liga Inggris musim ini yang menyentuh angka 95,23 persen.

Fakta ini membuat Sarri jelas harus memutar otak jika nanti ada tim lain mampu meniru taktik Spurs untuk mematikan Jorginho.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews