Cara Kurangi Resiko Terserang Diabetes yang Harus Diketahui

Cara Kurangi Resiko Terserang Diabetes yang Harus Diketahui

Ilustrasi

Jakarta - Diabetes, khususnya diabetes mellitus tipe 2, memiliki hubungan yang sangat kuat dengan riwayat dan keturunan keluarga jika dibandingkan dengan diabetes tipe 1. Banyak penelitian yang telah membuktikan bahwa genetika memainkan peran yang sangat kuat dalam pengembangan diabetes tipe 2 pada seseorang.

Selain itu, risiko diabetes diperkuat dengan gaya hidup yang buruk. Dalam satu keluarga, biasanya orang-orangnya cenderung memiliki kebiasaan makan dan olahraga yang sama sehingga faktor gaya hidup lebih dapat meningkatkan risiko terkena diabetes. 

"Gaya hidup yang kurang sehat seperti pola makan yang tidak tepat, kebiasaan tidak sehat seperti jarang berolahraga dan riwayat keluarga dapat meningkatkan risiko peningkatan kadar gula darah," kata Medical Advisor Kalbe Nutritionals, dr. Ervina Hasti W, Kamis (22/11/2018).

Dengan demikian, ia merekomendasikan bagi yang sudah memiliki riwayat keluarga diabetes untuk menjalani pola hidup sehat, meningkatkan aktivitas fisik, dan teratur memeriksa kadar gula darah secara teratur.

"Mulailah menerapkan pola hidup sehat seperti pola makan dengan gizi seimbang," ucapnya.

Selain itu, Ervina menyarankan agar mengindari makanan yang mengandung karbohidrat sederhana, seperti makanan manis, madu, dan kental manis. Namun bukan berarti harus menghindari karbohidrat dan gula sama sekali karena tubuh tetap membutuhkan karbohidrat sebagai sumber energi utama.

"Pilihlah jenis karbohidrat kompleks dan dengan indeks glikemik rendah serta makanan yang mengandung banyak serat, seperti nasi merah atau roti yang terbuat dari gandum utuh. Batasi juga konsumsi makanan tinggi gula, untuk menikmati manis bisa mengkonsumsi gula rendah atau tanpa kalori," jelasnya.

Hal lain yang harus dilakukan adalah menghindari makanan yang mengandung lemak jenuh dan lemak trans, seperti gorengan dan fast food.

(*) 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews