4 Teknologi Canggih di Dubai Bikin Takjub

4 Teknologi Canggih di Dubai Bikin Takjub

Burj Khalifa Dubai (Foto: decoracaosaopaulo.com.br)

Batam - Dubai, salah satu kota terpadat di Uni Emirat Arab yang paling disorot dunia. Kota ini memang berkembang pesat, terbukti dengan kemajuan-kemajuan teknologi dan banyak gedung-gedung pencakar langit yang tumbuh di kota tersebut. Wajar saja jika Dubai menjadi kota yang paling maju dibandingkan negara timur tengah lainnya.
Bicara tentang kemajuan teknologi, Dubai punya banyak kecanggihan-kecanggihan. Inilah kemajuan teknologi di Dubai:

1. Ada Motor Terbang

Polisi Dubai akan menggunakan motor terbang atau hoverbike untuk patroli. Sepeda motor ini dilengkapi empat baling-baling penggerak seperti drone dan mereka akan terbang. Polisi hoverbike ini akan berpatroli pada 2020 nanti. Motor ini bertenaga listrik dan bisa melayang sejauh lima meter.

Direktur Departemen Intelijen Buatan Kepolisian Dubai, Brigadir Khalid Nasser Al Razooqi mengatakan motor terbang ini bisa dipakai karena kemampuannya untuk menjangkau lokasi yang sulit dicapai dan diharapkan dapat mengatasi situasi darurat saat lalu lintas padat.

2. Kendaraan dengan Kecepatan Capai 1.200 km/jam

Hyperloop Dubai menjadi transportasi canggih di Dubai. Kendaraan ini merupakan hasil kerja sama Dubais Road Transport Authority (RTA) dengan Virgin Hyperloop One yang berkantor di Los Angeles. Dengan kendaraan canggih ini, tamu bisa diantarkan dari Dubai ke Abu Dhabi hanya dengan 12 menit. 

Hyperloop ini berkonsep seperti pod dengan desain interior yang mewah dan futuristik. Selain itu, RTA mengatakan Hyperloop akan dikembangkan menjadi kendaraan tanpa awak.

3. Masjid Berteknologi Canggih

Masjid di Dubai didukung oleh teknologi canggih. Para pengunjung bisa melihat semua informasi di Masjid Syeikh Mohammed bin Rashid al-Maktoum di Jumeirah 3 hanya dari ponsel. Caranya dengan teknologi kode Quick Response (QR). Pengunjung masjid harus memindai kode QR yang ada di masjid ini. Kemudian, informasi tentang masjid muncul di ponsel mereka. 

Nantinya cara ini juga akan dilakukan di bangunan bersejarah lain di Dubai. Seperti di gedung pemerintah dan sembilan masjid lainnya yang akan dilengkapi dengan teknologi kode QR.

4. Robot Berkeliaran di Kota

Selain Polisi Dubai, robot juga akan berpatroli di sekitar kota. Robot yang diberi nama Robocop ini siap membantu polisi Dubai dan membantu masyarakat yang kesulitan . Diperkirakan pada tahun 2030 nanti seperempat total pasukan polisi di Dubai adalah berupa tenaga robot. 

Tinggi robot ini kurang lebih sama 165 cm dan berat kurang lebih 220 pound. Robocop menggunakan roda sebagai alat gerak agar bisa bergerak lebih cepat bila dibanding robot yang mengenakan kaki. Dan bisa berbicara enam bahasa.

(aiy)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews