Cerita Selebgram Cowok yang Populer Dipanggil Mak Beti

Cerita Selebgram Cowok yang Populer Dipanggil Mak Beti

Arif Muhammad

Batam - Siapa yang tak kenal sosok Mak Beti. Selebgram berkarakter cerewet, suka ngomelin anaknya, pemarah, pelit dan menghibur.

Folower instagramnnya @mamakbeti saat ini mencapai 600 ribu. Belum lagi di instagram milik pribadinya @arifmuhammaddd_, folowernya 1,9 juta.

Namun siapa sangka. Dibalik karakter emak-emaknya, mak Beti ternyata diperankan cowok tulen asal Binjai, Medan, Sumatera Utara. Muhammad Arif namanya.

Tokoh mak Beti sudah ada sejak 2015. Karakter itu ada saat Arif menjadi Tenaga Kerja Indonesia (TKI) di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab tahun 2013.

Kala itu Arif bekerja sebagai housekeeping di salah satu hotel. Kerinduannya dengan kampung halaman, membuat dia berkreasi.

"Dulu hape aku Blackberry lo. Terus itu ngumpulin duit buat beli android, baru habis itu aku bikin instagram," ujar Arif ketika diwawancarai konten kreator terkenal yang namanya serupa dengannya, https://www.youtube.com/user/AriefMuhammaddd yang menciptakan karakter poconggg. 

Awal kariernya tidaklah gampang. Bermodalkan handphone android hasil dia menabung, Arif mulai membuat video-video pendek sebelum pergi kerja.

Awalnya karakter mak Beti belum ada. Baru pada tahun 2015 Arif membuat karakter itu. 

Ide itu muncul karena dia merindukan hiruk pikuk tetangganya di kampung. Mak Beti bukanlah gambaran ibu kandungnya. Yang lebih mengagumkan, karakter yang diciptakan Arif untuk videonya saat ini mencapai 12 karakter.

"Jadi gini lo bang. Kalau di Abu Dhabi itu yang bangunin pagi itu  kan alarm. Tapi kalau di Medan yang bangunin itu emak-emak yang pagi-pagi udah karokean. Atau emak-emak yang pagi-pagi udah marah bangunin anaknya buat pergi sekolah," kata Arif sambil tertawa.

Dari perannya sebagai mak Beti, Arif mulai terkenal folowernya bertambah dan banyak yang mengendorse. 

Rupanya ketenarannya itu diketahui mamaknya dari sang adik. Dia tidak setuju dengan peran Arif sebagai mak Beti, takut Arif menyimpang.

“Jadi mamak aku skype, aku sempat heran soalnya kalau mau skype dia biasanya ngabarin dulu. ini tiba-tiba aja. Terus dia bilang kek gini “Bang kalau video-video gitu jangan pakai wig, itu nggakk boleh, dimarah Allah, ini, ini,ini,” kata pria kelahiran 1992 itu.

Namun setelah dijelaskan itu hanya untuk seru-seruan saja dan hasil yang diperoleh Arif dari endorsenya dia kirim terus ke adiknya, mamaknya setuju. Bahkan dia diberikan baju daster oleh mamaknya.

Berjalan seiringnya waktu, Arif semakin terkenal. Hingga akhirnya dia memutuskan kembali ke tanah air tahun 2017.

Satu hal yang tak terduga dari Arif. Awalnya dia sangat jijik memerankan sosok mak Beti.

Orang-orang beranggapan dia itu banci, bahkan ada yang mengatakan gay. Padahal itu sangat bertentangan dengan karakternya.

Pernah satu kejadian yang membuatnya sangat marah. Kala itu Arif mendapat undangan makan di restoran Jepang bersama temannya.

Si Hosttest yang mengundangnya menyapa dia sambil melambai. 

“Mak Beti mau makan apa mak Beti?Kenapa harus melambai gitu di depan aku. Jadi aku ngerasa tersinggung, walaupun itu sudah resiko. Akhirnya aku langsung pergi,” cerita pria lulusan akademik Pariwisata itu.

Disisi lain, Arif terkadang cemburu dengan mak Beti karena karakter yang dia ciptakan itu lebih populer.

“Karena lahannya diambil dia semua. Jadi kalau ada undangan itu yang diundang mak Beti,” ujar Arif yang berencana menikah awal tahun 2019 nanti.

(ude)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews