Latihan Tanggap Bencana, Dari Menggergaji Kayu Hingga Padamkan Api

Latihan Tanggap Bencana, Dari Menggergaji Kayu Hingga Padamkan Api

Kapolres AKBP Hengky Pramudya mempraktikkan cara memadamkan menggunakan alat sederhana di Mapolsek Tebing. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Ketangkasan anggota Polres Karimun dalam tanggap bencana terus dilatih. Semua harus piawai, mulai dari menggergaji kayu menggunakan chainsaw hingga memadamkan api dengan peralatan sederhana.

Seperti yang dihelat di Mapolsek Tebing, Sabtu (27/10/2018). Kali ini, para anggota kepolisian, termasuk Kapolres AKBP Hengky Pramudya dan Wakapolres Kompol Agung Gima Sunarya, dilatih mengenai teori dan teknik memadamkan api.

"Ini sangat berguna sekali, bagaimana cara dan antisipasi dalam kebakaran," ujar Hengky.


Selain meningkatkan pengetahuan, setiap personel yang telah memahami teknik teori pemadaman api, hendaknya diterapkan kepada masyarakat.

"Bencana kebakaran sering terjadi, tapi dengan sikap dan langkah awal, api bisa dipadamkan dan tidak membesar sehingga tidak terjadi kebakaran," ucap Hengky.

Dalam kesempatan itu, Hengky juga mempraktikkan bagaimana cara menjinakkan api yang sedang berkobar. 

Terlihat ia memegang sebuah karung goni berwarna coklat dan menutupkan ke arah api, kemudian dengan teknik yang telah dipelajari makan api bisa dipadamkan.

Sebelumnya, anggota kepolisian juga dilatih menggunakan alat berupa gergaji mesin untuk memotong kayu, Jumat (26/10/2018).

Baca: Kapolres Karimun Tak Canggung Potong Kayu Pakai Gergaji Mesin

Cara pemotongan kayu atau pohon yang tumbang dibimbing oleh Dinas Pertamanan Karimun. Hal tersebut merupakan kesiapan setiap anggota dalam menyikapi jika adanya bencana.

(aha)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews