Kapolres Karimun Tak Canggung Potong Kayu Pakai Gergaji Mesin

Kapolres Karimun Tak Canggung Potong Kayu Pakai Gergaji Mesin

Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya memotong kayu menggunakan gergaji mesin. (Foto: Edo/batamnews)

Karimun - Polres Karimun terus mengasah kemampuan seluruh anggota untuk tanggap dalam menghadapi bencana. Salah satunya adalah belajar menggunakan alat berupa gergaji mesin untuk memotong kayu, Jumat (26/10/2018).

Dalam kesempatan itu. Kapolres Karimun AKBP Hengky Pramudya juga ikut dalam mengasah kemampuan bersama dengan Wakapolres Kompol Agung Gima Sunarya serta jajaran satker belajar menggunakan gergaji mesin atau chainsaw.

Cara pemotongan kayu atau pohon yang tumbang dibimbing oleh Dinas Pertamanan Karimun. Hal tersebut merupakan kesiapan setiap anggota dalam menyikapi jika adanya bencana.

"Kita tidak tahu kapan akan terjadinya bencana. Maka saya bersama wakapolres dan anggota belajar bagaimana cara dan teknik mesin chainsaw," ujar Hengky.

Penanganan bencana dengan menggunakan mesin tersebut, juga mengasah skill serta menyegarkan kembali kemampuan anggota.

"Misalnya nanti ada pohon tumbang, langsung bisa ditanggulangi. Setiap anggota juga telah mengerti dan paham apa yang akan dilakukan dan cara menggunakan peralatan" ujarnya.

Hengky juga berharap, apa yang didapat oleh anggota, dapat diterapkan ke masyarakat.

Hengky mengakui, penggunaan chainsaw tidak semudah yang dilihat. Mulai dari cara menghidupkan hingga cara pemotongan ternyata mempunyai teknik tersendiri.

"Ternyata tidak mudah, menyalakan mesin saja ada tekniknya, hingga mengoperasikan mesin untuk memotong," ujar Hengky.

(aha)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews