Batam Raih Peringkat Pertama Kelengkapan Nawasis Terbaik

Batam Raih Peringkat Pertama Kelengkapan Nawasis Terbaik

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yusfa Hendri penghargaan Smart Sanitasi Award (SSA) kategori Nawasis. (Foto: Istimewa)

Batam - Pemerintah Kota Batam berhasil berhasil meraih penghargaan Smart Sanitasi Award (SSA). Penghargaan diterima Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat, Yusfa Hendri dalam acara City Sanitation Summit  XVIII di Hotel Luxury Kota Jambi, Kamis (25/10/2018). 

Keberhasilan ini diperoleh atas prestasi Batam menjadi peringkat pertama kategori National Water and Sanitation Information Services (Nawasis) terbaik. 

Penghargaan SAS 2018 secara resmi diserahkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Men PUPR) RI melalui Dirjen Cipta Karya Kementrian PUPR Dr. Ir. Danis H. Sumadilaga, M.Eng.Sc.

“Pemko Batam bersaing dengan 491 anggota Asosiasi Kabupaten Kota Peduli Sanitasi Indonesia (AKKOPSI), dan setelah melalui serangkaian penilaian kita berhasil meraih peringkat pertama Nawasis terlengkap,” ujar Yusfa yang mewakili Wali Kota Batam.

Yusfa menjelaskan Nawasis tidak hanya mengevaluasi kinerja sektor air minum, namun juga sebagai kesatuan sistem yang memberikan layanan advokasi dan peningkatan kapasitas dalam rangka meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi. 

Nawasis merupakan pusat data dan informasi berbasis internet yang sedang dikembangkan untuk memantau perkembangan sektor air minum dan sanitasi di Indonesia.

Menurutnya, penghargaan ini merupakan sebuah kebanggaan tersendiri bagi Pemko Batam, karena adanya kesadaran yang tinggi dari masyarakat terkait persoalan sanitasi.

“Nawasis tidak hanya mengevaluasi kinerja sektor air minum, namun juga sebagai kesatuan sistem yang akan memberikan layanan advokasi dan peningkatan kapasitas dalam rangka meningkatkan pembangunan air minum dan sanitasi,” jelasnya.

(ret)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews