Ribuan APK Akan Berkibar di Bintan

Ribuan APK Akan Berkibar di Bintan

Alat Peraga Kampanye. (Foto: Ilustrasi)

Bintan - KPU Bintan memperkirakan akan ada ribuan Alat Peraga Kampanye (APK) yang berkibar di ruas-ruas jalanan se-Kabupaten Bintan.

Komisioner KPU Bintan Divisi Perencanaan dan Data, Haris Daulay mengatakan APK yang mencapai ribuan ini berasal dari dua sumber. Yaitu fasilitas KPU serta dari peserta Pemilu Serentak 2019 diantaranya milik tim capres-cawapres, partai politik (parpol) hingga perseorangan dari calon DPRD dan DPD.

"Dari KPU Bintan ada ratusan. Jika ditambah dengan di luar KPU, APK yang akan terpasang bisa mencapai ribuan," ujar Haris, Selasa (16/10/2018).

Pemasangan APK ini tidak serta merta bebas dilakukan oleh timses maupun calon peserta pemilu. Tetapi telah ditentukan zonasi-zonasinya bedasarkan SK APK yang memenuhi estetika dan aturan KPU.

"Kami masih lakukan revisi terhadap SK APK itu. Revisinya pasti mengikuti dinamika yang berkembang saat ini. Tapi gambaran umumnya zona itu berada di area atau ruang publik yang ditentukan," katanya.

Zonasi itu juga sudah dikoordinasikan dengan instansi terkait di Pemkab Bintan. Mulai dari kecamatan, kelurahan sampai pemerintahan desa. Tujuannya untuk mengantisipasi terjadinya pemasangan di luar ketentuan.

"KPU juga akan mensosialisasikan zonasi APK ini. Sehingga timses maupun calon peserta pemilu memiliki pemahaman dan mematuhi aturan terkait," sebutnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews