Jalur Lintas Barat Bintan Bakal Dipantau Banyak CCTV

Ilustrasi

Bintan - Satlantas Polres Bintan akan menambah pemasangan kamera pengawas atau Closed Circuit Television Camera (CCTV) di Jalur Lintas Barat dan Jalur Simpang 3 Besar Lagoi.

Saat ini baru ada 2 CCTV yaitu di Simpang Empat Batu 16, Kecamatan Toapaya dan Persimpangan Desa Penaga, Kecamatan Teluk Bintan. CCTV ini selain untuk pengawasan keamanan juga dibutuhkan untuk membantu identifikasi kecelakaan lalu lintas (lakalantas).

Kasat Lantas Polres Bintan, AKP Cut Putri Amelia Sari mengatakan CCTV akan segera ditambah untuk optimalisasi pengawasan. Nantinya CCTV itu langsung terhubung ke Road Traffic Management Corporation (RTMC) di Mapolres Bintan.

"Pengawasan di CCTV ini dilakukan selama 24 jam. Semua titik-titik rawan lakalantas akan terpantau di layar RTMC itu," ujarnya, Selasa (16/10/2018).

Selama ini, kata Cut Putri, banyak identifikasi lakalantas yang masih minim karena tidak ada keterangan dari saksi-saksi. Apalagi insiden itu terjadi pada malam hari dan di tempat yang sepi pastinya anggota kepolsian sulit untuk mengungkap kasus tersebut.

Kedepannya dengan banyaknya CCTV akan membantu pihaknya dalam melakukan identifikasi lakalantas.

"Terkadang kita kesulitan mendapatkan saksi sehingga sulit indentifikasi. Jika ada CCTV yang banyak itu akan membantu kami," jelasnya.

Sementara itu, Manager Operasional PT Bintan Resort Cakrawala (BRC), Ahmad Yani mendukung Satlantas Polres Bintan memasang CCTV di Simpang 3 Besar Lagoi. Sebab di lokasi itu sangat rawan dengan insiden lakalantas.

"Di Simpang 3 Besar Lagoi sering terjadi kecelakaan. Penyebabnya faktor human eror sehingga perlu adanya CCTV," sebutnya.

Sampai saat ini PT BRC selalu meningkatkan fasilitas keamanan dan keselamatan di sepanjang jalan yang ada di Kawasan Pariwisata Lagoi. Mulai dari kondisi aspal, rambu-rambu lalulintas hingga informasi secara lisan terus digaungkan.

"Kalau kondisi jalan tidak ada bermasalah dan rambu-rambu juga banyak di pasang. Karena kami selalu utamakan keselamatan," ucapnya.

(ary)