Meski Gratis, Minat Perempuan Bintan Deteksi Dini Kanker Malah Turun

Meski Gratis, Minat Perempuan Bintan Deteksi Dini Kanker Malah Turun

Ilustrasi.

Bintan - Partisipasi kaum emak-emak di Bintan dalam mengikuti Program Pelayanan Deteksi Dini Kanker Serviks dan Kanker Payudara secara gratis mengalami penurunan.

Dinas Kesehatan (Dinkes) Bintan mencatat hingga 10 Oktober 2018 ini sebanyak 974 peserta kaum wanita atau emak-emak telah mengikuti program tersebut. Jumlah ini mengalami penurunan dibandingkan 2017 yang lalu yang mencapai 1.445 orang.

Kabid Pemberantasan Penyakit (P2) Dinkes Bintan, dr Yossy mengatakan pelayanan ini dapat dinikmati oleh kaum wanita khususnya emak-emak pada setiap hari Kamis.

"Pemeriksaan ini bisa dinikmati di seluruh puskesmas se-Kabupaten Bintan," ujarnya, kemarin. 

Dari 974 emak-emak yang ikut serta program ini sampai Oktober 2018 didapati 2 orang yang didiagnosis positif menderita kanker serviks. 

"Dua orang yang positif terindikasi menderita kanker serviks itu sudah dilakukan penanganan lebih lanjut," katanya.

Pelayanan ini sangat penting dalam mencegah kaum emak-emak terhadap bahayanya penyakit kanker serviks dan kanker payudara. 

Agar seluruh emak-emak di Bintan dapat merasakan pelayanan ini, Dinkes Bintan bersama PKK Bintan akan melakukan sosialisasi dan imbauan atas pentingnya pemeriksaan kanker serviks dan payudara tersebut.

"Program ini merupakan langkah pencegahan dini untuk membantu kaum emak-emak terhadap penyakit berbahaya itu. Kami akan terus usahakan peningkatan partisipasi sampai akhir tahun," ucapnya. 

(ary)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews