Insiden kapal feri MV Voc Batavia

Tabrak Tanker, Penumpang Feri Voc Batavia Jatuh ke Laut

Lambung kiri samping haluan kapal rusak parah

Tanjungpinang - Kapal feri MV. Voc Batavia dengan rute Terempa-Letung-Tanjungpinang menabrak kapal tanker MT. Pasific Crown pada posisi 01°42.885 U -104°42.616 T di laut lepas, Kamis (11/10/2018) sekira pukul 13.14 WIB.

Informasi yang diperoleh Batamnews.co.id, kejadian bermula ketika MV. Voc Batavia melaju dengan kecepatan 23 Knot serta jarak pandang ke laut 700 Meter. Sekira pukul 13.14 WIB, pada jarak pandang 500 meter satu buah kapal tanker terlihat. Namun MV. Voc Batavia masih pada kecepatan 23 Knot.

Kemudian, pada jarak sekitar 100 meter, barulah MV. Voc Batavia yang dinakhodai Zainal itu menurunkan kecepatan. Tapi malangnya, benturan antara kedua kapal itu pun tidak bisa dihindari.

Akibat insiden itu, satu orang penumpang yang saat tabrakan berlangsung berada diatas lambung kiri MV. Voc Batavia terjatuh ke laut karena benturan. "Beruntung pria yang diketahui bernama Ta'ali itu bisa diselamatkan setelah kapal MV. Voc memutar haluan kapal untuk melakukan evakuasi dengan menggunakan lifeboat," ujar salah seorang ABK kapal

Karena insiden itu, lambung kiri kapal MV. Voc mengalami retak sekitar 1,5 meter. Kemudian, reling bagian atas lambung kapal rusak berat, tiang anjungan juga patah serta lambung kiri samping haluan kapal rusak parah.

Sementara satu orang penumpang yang menjatuhkan diri kelaut pada saat benturan usai diselamatkan mengalami sesak nafas dan diduga masih trauma. Kemudian, setelah situasi terkendali, kapal pun diarahkan menuju Tanjungpinang.

(ruz)