Rupiah Terlemah di Asia, Tahun Ini, dan Sejak 1998

Rupiah Terlemah di Asia, Tahun Ini, dan Sejak 1998

Mata uang Rupiah

Jakarta - Nilai tukar rupiah terhadap dolar Amerika Serikat (AS) melemah cukup dalam pada perdagangan pagi ini. Terlemah, itu adalah kata kunci buat rupiah hari ini.

Pada Selasa (2/10/2018) pukul 09:11 WIB, US$ 1 dibanderol Rp 14.983. Rupiah melemah 0,52% dibandingkan posisi penutupan perdagangan hari sebelumnya.

Rupiah dibuka melemah tipis 0,03%. Namun setelah itu, depresiasi rupiah semakin menjadi. Kini rupiah menyentuh titik terlemahnya sejak awal tahun, itu terlemah yang pertama.

Tidak hanya itu, rupiah juga berada di posisi terlemah sejak Juli 1998 saat Indonesia berduka karena krisis moneter (krismon), itu menjadi kata terlemah yang kedua.

 


Sebenarnya rupiah tidak sendiri. Berbagai mata uang Asia pun melemah di hadapan dolar AS. Hanya saja kita akan memasuki kata terlemah yang ketiga. Dengan depresiasi 0,53%, rupiah jadi mata uang terlemah di Asia.

Sebenarnya pelemahan rupee India masih lebih dalam. Namun ini tidak masuk hitungan karena pasar keuangan Negeri Bollywood sedang libur memperingati hari kelahiran Mahatma Gandhi.

Berikut perkembangan kurs dolar AS terhadap sejumlah mata uang Asia pada pukul 09:18 WIB:


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews