https://www.batamnews.co.id

Penampakan Kota Palu Sebelum dan Sesudah Gempa Dilihat dari Satelit

kondisi palu usai gempa dan tsunami (Foto: Liputan6.com/Planet Labs, Quartz)

Batam - Gempa bermagnitudo 7,4 yang mengguncang Palu-Donggala menyebabkan munculnya gelombang tsunami setinggi 1,5 meter yang meluluhlantakkan sebagian besar wilayah tersebut. Setidaknya 800 orang tewas dan ratusan lainnya luka-luka.

Gempa dan tsunami juga membuat bangunan serta infrastruktur rusak parah. Rumah-rumah warga rata dengan tanah, fasilitas umum seperti rumah sakit, mal serta masjid hancur tak bersisa.

Infrastruktur seperti jalan-jalan besar dan jembatan juga rusak dan tak bisa digunakan kembali akibat tersapu tsunami. Kerusakan infrastuktur ini tentu berdampak kepada proses evakuasi. Tak hanya mengganggu proses evakuasi, kerusakan ini juga tentunya membawa kepiluan bagi warga Palu.

Kerusakan parah di berbagai daerah Palu-Donggala ini bisa dilihat melalui satelit. Gambar-gambar yang dirilis oleh Planet Labs ini menunjukkan dahsyatnya kekuatan gempa dan tsunami yang melanda pulau Sulawesi di Indonesia.

Sebelum dan sesudah terjadinya gempa dan tsunami palu

 

Terlihat jelas sedimen dari dasar laut yang turut terbawa ke permukaan bersama dengan tsunami

 

Jembatan Ponulele, ikon kota Palu ikut hancur

 

Dilihat dari udara, banyak rumah-rumah dan bangunan yang kini rata dengan tanah

 

Dilihat dengan seksama beberapa bangunan di pesisir pantai hilang usai diterjang tsunami

Semoga dukungan Anda dapat meringankan beban saudara-saudara kita akibat gempa dan tsunami Palu di Sulawesi Tengah dan menjadi berkah di kemudian hari kelak.

(*)