Situs Dewan Pers Diretas, Ini Pesan yang Disampaikan Hacker

Situs Dewan Pers Diretas, Ini Pesan yang Disampaikan Hacker

Jakarta - Situs resmi Dewan Pers diretas oleh pihak tak bertanggung jawab. Peretasan terjadi pada Minggu (30/9/2018) dan hingga hari ini situs itu tak bisa lagi diakses.

Pada sore kemarin sekitar pukul 18.00 WIB, laman Dewan Pers tidak menampilkan informasi mengenai lembaga itu. Yang muncul adalah kalimat tentang percintaan.

Hacker tidak menyebutkan identitas diri ketika meretas situs web Dewan Pers. Mereka hanya mengganti informasi lembaga dengan tulisan pecintaan.

"Aku cinta kamu Sarah, tapi kamunya gak tau cinta aku apa engga," tulis hacker di halaman depan situs web Dewan Pers.

Tampilan situs Dewan Pers saat diretas.

Peretasan sendiri tak berlangsung lama. Hingga pukul 19.30 WIB, situs web Dewan Pers tidak lagi bisa diakses pengguna.

Nezar Patria, selaku anggota Dewan Pers, mengonfirmasi situs lembaga diretas oleh hacker. Ia menambahkan pihaknya sudah bergerak menangani isu ini.

"Betul (diretas). Penanganan lagi dilakukan, itu kan berkali-kali sudah diretas karena (situs) cukup rentan. Saya tidak tahu tujuannya apa, apakah sedang latihan atau ada tujuan lain," kata Nezar seperti dilansir kumparan.

Kasus peretasan ini sendiri sudah dilaporkan ke pihak kepolisian unit cyber crime. Sementara situs web Dewan Pers diakui Nezar masih dalam penanganan tim teknis.

Nezar juga meminta Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) untuk memperhatikan soal peretasan ini, khususnya pertahanan situs web. Hal ini dikarenakan situs dibuat oleh sekretariat Dewan Pers yang didukung Kominfo, sehingga ditakutkan ada penyalahgunaan data oleh hacker.

(*)
 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews