Empat Media Lolos Verifikasi Dewan Pers di Kepri, Termasuk Batamnews.co.id

Empat Media Lolos Verifikasi Dewan Pers di Kepri, Termasuk Batamnews.co.id

Ketua Verifikasi Media di Kepri, Candra Ibrahim dengan anggota Saibansah Dardani dan Deden Rosanda. (foto: istimewa)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam – Dewan Pers menyatakan empat media massa di Kepri lolos proses verifikasi administrasi dan faktual. Dua dari media cetak yakni Batam Pos dan Tribun Batam, dua dari media online yaitu batamnews.co.id dan batamntoday.com.

Verifikasi media merupakan program yang dijalankan Dewan Pers tahun lalu untuk memastikan perusahaan media melaksanakan komitmen menegakkan profesionalitas dan perlindungan terhadap wartawan.

Dalam proses verifikasi ini, masing-masing media diperiksa kelengkapan administrasi perusahaan dan kompetensi sumberdaya manusianya. Untuk wartawan, misalnya, dilihat apakah mayoritas wartawan di media bersangkutan sudah lulus uji kompetensi dari level muda, madya, dan utama.

Proses verifikasi dilakukan oleh tim yang ditunjuk Serikat Perusahaan Pers (SPS). Untuk Kepri, tim verifikasi diketuai Candra Ibrahim dengan anggota Saibansah Dardani dan Deden Rosanda.

“Tertanggal 19 Oktober lalu, berkas verifikasi 4 media ini dinyatakan lolos. Dan besok (hari ini, red) proses penyerahan sertifikatnya dari SPS sebagai pemilik program yang diteruskan ke Dewan Pers untuk pelaksanaannya,” ujar Candra, Selasa (31/10/2017) dikutip dari Batampos.co.id.

Penyerahan sertifikat akan dilaksanakan di Harris Convention Center Surabaya.

Candra menjelaskan, proses verifikasi yang dilakukan timnya merupakan proses verifikasi secara faktual. Di mana, tim melakukan pengecekan langsung ke perusahaan media yang dinyatakan lolos verifikasi administrasi oleh Dewan Pers.

“Sesuai pemenuhan persyaratan, baru empat media inilah yang bisa dilakukan verifikasi faktual. Namun sekarang, sudah ada beberapa media lainnya yang segera akan diverifikasi faktual,” jelasnya.

Ia menambahkan, sertifikat verifikasi SPS ini nantinya berguna untuk meningkatkan kerja sama media dengan berbagai lembaga, terutama instansi pemerintah. Di samping itu, media yang terverifikasi akan lebih diprioritaskan untuk berbagai aktivitas dalam memperoleh informasi yang akurat.

“Bagi media penerima sertifikat ini akan memiliki barcode yang terkoneksi langsung ke website Dewan Pers,” papar Direktur Operasional Batam Pos ini.

Sebagai ketua tim verifikasi media massa Kepri, Candra kembali mengimbau agar media cetak maupun online yang ada di Kepri bisa segera melengkapi persyaratan terkait verifikasi tersebut.

“Perlu diingat, verifikasi yang dilakukan ada dua tahap. Jika sudah lolos verifikasi administrasi, maka perlu diperhatikan untuk persyaratan faktual yang lebih detail tentang perusahaannya tersebut,” tegasnya.

Sejauh ini, ia menyebutkan ada puluhan media di Kepri yang beroperasi. “Kita berharap, media ini bisa terverifikasi dan layak untuk diverifikasi seluruhnya,” tutup Candra. 

(ind)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews