Kirab Satu Negeri Pemuda Ansor di Kepri, Ini Agendanya

Kirab Satu Negeri Pemuda Ansor di Kepri, Ini Agendanya

Konferensi pers Kirab Satu Negeri Pemuda Ansor di DPRD Batam. (Foto: Johannes/batamnews)

Batam - Pemuda Ansor akan menggelar Kirab Satu Negeri di beberapa daerah Kepulauan Riau. Kegiatan dilakukan pada tanggal 26-30 September 2018. 

Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Pimpinan Pusat Pemuda Ansor, Timbul Pasaribu mengatakan bahwa tujuan kegiatan ini untuk memperkokoh empat pilar kebangsaan, yaitu Bhinneka Tunggal Ika, UUD 1945, Pancasila dan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). 

“Mengajak masyarakat untuk cinta persaudaraan , kemudian Indonesia yang merupakan negara kesatuan bisa menjadi sumber inspirasi bagi negara di dunia,” ujar Timbul saat menyampaikan kegiatan Kirab Satu Negeri di DPRD Kota Batam, Rabu (26/9/2018). 

Adapun pelaksanaan kegiatan ini dilakukan berdasarkan hasil Konferensi Besar Pemuda Ansor yang dilaksanakan di Surabaya pada September 2017 lalu. 

Pada kegiatan ini, pihaknya akan membawa pesan dengan menggunakan tagar #Kitainisama. Timbul juga menegaskan bahwa kegiatan ini tidak ada unsur politik pratktis.

“Mendekati pemilihan presiden (pilpres) mungkin saja ada spekulasi yang macam-macam, makanya kami tegaskan bahwa kegiatan ini tidak mengandung unsur politik,” katanya. 

Ketua Pemuda Ansor Kepri, Nurharyanto menambahkan bahwa kegiatan ini akan diawali dengan doa dan tahlilan sebagai ungkapan rasa syukur. Kemudian dilanjutkan dengan mengibarkan bendera Merah Putih di Bintan.

“Besok jam 7 pagi, kami akan berangkat ke Bintan melalui Pelabuhan Tanjunguban,” ujar Nurharyanto. 

Setelah pengibaran bendera, kegiatan dilanjutkan ke Tanjungpinang untuk dialog di pondok pesantren dan menyerahkan bendera Merah Putih.

“Selanjutnya kegiatannya adalah apel di Gedung Gonggong,” katanya.

Sore hari dilanjutkan dengan ziarah ke makam Raja Ali Haji. Pagi harinya kegiatan dilanjutkan ke Tanjung Balai Karimun. Dan tanggal 29 kembali ke Batam untuk berjumpa dengan para ulama.

“Tanggal 30 kami apel di halaman WTB, ada sekitar 600-800 orang dengan sejumlah 45 bendera Merah Putih, Setelah itu kami kembalikan bendera ke Provinsi Jambi,” jelasnya. 

Sementara itu, Ketua DPRD Kota Batam Nuryanto menyampaikan apresiasi atas kegiatan tersebut.

“Pemuda Ansor dengan spirit sedemikian rupa mengingatkan nilai perjuangan kita, untuk menyampaikan kepada masyarakat agar cinta terhadap NKRI, sebagai wujud kesatuan sebagai bangsa,” ujar Nuryanto. 

(ret)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews