Mafia BBM

Segera Dilelang, Ini Rincian Jenis BBM di Tanker MT Urban Success

Segera Dilelang, Ini Rincian Jenis BBM di Tanker MT Urban Success

Petugas mengiringi tanker berbendera Malaysia MT Urban Succes di perairan Batam, Kepri. (foto: Alfi kurnia)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Pengukuran volume Bahan Bakar Minyak (BBM), yang berada di dalam tangki kapal tanker MT Urban Success GT 740 yang ditangkap Polair Polda Kepri, selesai dilakukan. Hasilnya BBM yang ada di kapal itu sebanyak 697.214 kiloliter.

Pengukuran BBM yang dimuat MT Urban Success itu, dilakukan oleh petugas dari UPTD Metrologi Lebal Disperindag dan ESDM Batam.

Rinciannya kapal itu memuat 51.484 kiloliter Nafta, 151.555 kiloliter Marine Fuel Oil (MFO) dan 152.355 kiloliter Premium, serta 341.820 kiloliter Light Crude Oil.

"Setelah diukur oleh instansi berwenang, BBM yang mau diselundupkannya sebanyak 697.214 kiloliter," kata Kombes Hero Henrianto, Ditpolair Polda Kepri, saat melakukan ekspos tangkapan kapal MT Virgo di Sekupang.

Rencananya, pelelangan BBM di MT Urban Success GT 740, akan segera dilaksanakan.

"Mengingat muatan kapal ini sangat berbahaya. Semua BBM akan kita lelang," kata Kombes Hero.

Kapal tanker berbendera Malaysia dan milik pengusaha asal Singapura itu ditangkap patroli Polair Polda Kepri karena tidak memiliki dokumen resmi dan membawa BBM yang diduga diselundupkan ke Singapura.

Penyelundupan BBM oleh  MT Urban Success GT 740 sudah terjadi berulangkali dan melibatkan sindikat mafia BBM di Sumatera Selatan. Namun, hingga kini aktor penyelundup BBM itu belum ditangkap.

(alf)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews