Bintan Ingin Contoh Madrid Kembangkan Sektor Wisata

Bintan Ingin Contoh Madrid Kembangkan Sektor Wisata

Bupati Bintan, Apri Sujadi bertemu dengan Dubes RI untuk Spanyol, Hermono di Madrid. (Foto: ist/Batamnews)

Bintan - Rombongan BP Kawasan Bintan bersama Bupati Bintan, Apri Sujadi menemui Duta Besar (Dubes) RI untuk Spanyol, Hermono MA di Madrid, Spanyol, Sabtu (15/8/2018).

Dalam pertemuan tersebut, mereka memperkenalkan Kawasan Pariwisata Lagoi yang memiliki segudang eksotisme alam dan event-event berkelas dunia.

Apri mengatakan pertemuan ini diharapkan bisa membuat Bintan, khususnya Lagoi lebih dikenal lagi di seluruh dunia. Karena dia sudah meminta Dubes RI untuk Spanyol  membantunya mempromosikan pariwisata Bintan ke negara-negara internasional yang tergabung di Perserikatan Bangsa- Bangsa (PBB).

"Pak Hermono MA ini pemegang jabatan Organisasi Pariwisata Dunia PBB (UNWTO) bagi Indonesia. Jadi kita minta beliau bisa bantu promosikan Lagoi ke negara-negara naungan PBB," katanya.

Spanyol, kata Apri, menjadi percontohan yang baik bagi dunia dalam pengembangan dunia pariwisata. Khususnya Kota Madrid yang mampu menaikkan jumlah wisatawan dari sebelumnya hanya 4 juta wisatawan mancanegara (wisman) menjadi 11 juta wisman dalam tempo empat tahun belakangan ini.

Ternyata yang membuat kunjungan melejit itu dari pemerintahan Spanyol yaitu Walikota Madrid yang menyebarkan kuesioner terkait masukan dan tanggapan wisman terhadap obyek wisata yang sudah dikunjungi.

"Dari kuesioner itu pemerintah langsung mengevaluasi setiap kekurangan program pariwisata yang sudah dijalani. Sehingga kebijakan yang dibuat mengacu pada keinginan wisman," jelasnya.

Selain itu juga sektor UMKM diajak untuk berpartisipasi dalam mendorong kunjungan wisman. Caranya dengan membuat daya tarik baru yaitu membuat kebijakan-kebijakan berupa penyebaran voucher diskon 100 euro kepada wisman untuk berbelanja.

Jadi wisman bisa berbelanja menggunakan voucher itu mulai dari warung kecil sampai besar. Karena semua warung-warung disana ikut berpartisipasi.

"Walikota Madrid menerapkan shoping tourism. Kebijakan inipun diikuti semua lini sektor," ucapnya.

(ary)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews