Fakta Unik Anak Kidal yang Harus Kamu Ketahui

Anak kidal (Foto : Vebma.com)

Batam - Biasanya para orangtua menganggap hal itu adalah hal yang memalukan. Anak kidal memang selalu menjadi perdebatan di kalangan masyarakat karena kerap kali dianggap tidak memiliki kemampuan yang baik seperti anak yang menggunakan tangan kanan. Sehingga orangtua berusaha untuk tidak membiasakan anak selalu menggunakan tangan kiri.

Namun, tak selamanya anak kidal bisa dianggap seperti itu kok.

Karena menurut penelitian modern saat ingin mengatakan bahwa anak kidal bisa saja lebih artistik, atlit olahraga yang baik, dan bisa tubuh lebih cepat dari anak yang menggunakan tangan kanan. 

Dilansir dari Haibunda, ketahui fakta unik lainnya tentang anak kidal berikut ini.

1. Jumlah populasi manusia kidal di dunia hanya berkisar 12%. Sedangkan untuk 30% total manusia bisa mengerjakan aktivits dengan tangan yang bergantian.

2. Anak kidal cenderung lebih kreatif dan berpikir visual, karena otak memiliki kabel silang yang berarti belahan kiri mengotrol sisi kanan tubuh dan sebaliknya Otak kiri mampu mengontrol kemampuan logika, matematika, dan sains. Sedangkan, otak kanan mengontrol musik, seni, kreativitas, emosi, dan kegeniusan.

3. Menurut Joshua Goodman, Ekonom Harvard mengatakan bahwa orang kidal memiliki masalah emosi dan perilaku, memiliki lebih banyak ketidakmampuan belajar seperti disleksia, jarang yang menyelesaikan sekolah dan bekerja di bidang yang membutuhkan keterampilan kognitif yang kurang. Tapi orang kidal bisa memanfaatkan kreativitasnya dalam menciptakan pekerjaan.

4. Anak kidal kemungkinan kecil diturunkan oleh orangtua. Jika kedua orang tua dari seorang anak kidal, ada 26 persen kemungkinan anak itu jadi kidal.

5. Anak kidal juga cenderung mengalami gangguan kesehatan seperti alergi, migrain dan insomnia kemudian tiga kali berisiko menjadi pecandu alkohol. Akan tetapi anak kidal bisa bermain bisbol tenis, berenang, tinju dan anggar dengan baik. Hampir 40% dari pemain tenis top adalah pemain kidal, termasuk Rafael Nadal yang telah memenangkan 14 gelar grand slam.

Pada dasarnya setiap manusia memiliki kemampuan yang sama, namun semuanya kembali tergantung kepada mereka bagaimana menyikapi kekurangan tersebut dengan menjadikannya hal baik. Semoga bermanfaat.

(aiy)