Pemakaman Aretha Franklin Dihadiri Tokoh-Tokoh Beken

Pemakaman Aretha Franklin Dihadiri Tokoh-Tokoh Beken

Dari kiri: Louis Farrakhan, Pendeta Al Sharpton, Pendeta Jesse Jackson dan Bill Clinton pada upacara pemakaman Aretha Franklin di Greater Grace Temple, Detroit . (Foto: VoA Indonesoa)

Detroit - Sejumlah tokoh terkenal dan selebriti menghadiri pemakaman penyanyi soul Aretha Franklin di Detroit, Michigan. Mantan Presiden Bill Clinton serta istrinya Hillary tampak hadir.

Selain Clinton, pendeta Jesse Jackson juga hadir di gereja Greater Grace Temple. Acara di tempat itu itu diperkirakan berlangsung spektakuler, dan acara musik dijadwalkan berlangsung lebih dari lima jam.

Franklin, yang meninggal karena kanker pankreas pada usia 76 tahun, didandani dengan empat macam baju sewaktu jenazahnya disemayamkan untuk menerima penghormatan terakhir dari masyarakat selama beberapa hari ini.

Meskipun pekan ini banyak berlangsung konser untuk mengenangnya dan acara-acara lain mengenang Franklin dan kehidupannya yang luar biasa yang dipublikasikan secara luas, panitia mengatakan upacara pemakaman hari Jumat (31/8) ini adalah acara keagamaan, bukan hiburan.

Uskup Charles Ellis III, pendeta di Greater Grace Temple, mengatakan kepada Associated Press sebelum kebaktian, “Sasaran dan tujuan saya adalah memastikan orang-orang yang pergi dari sini mendapat semacam kebangkitan spiritual. Ini bukan konser, ini bukan pertunjukan, ini bukan produksi untuk mendapatkan penghargaan. Ini adalah kehidupan nyata yang telah dijalani.”

Franklin akan dimakamkan di dalam sebuah peti jenazah tembaga berlapis emas 24 karat. Nama Franklin dan julukannya, Queen of Soul atau Ratu Musik Soul disulam di kain beludru berwarna sampanye yang melapis bagian dalam peti itu.

Jenazah Franklin dibawa ke gereja itu dengan mobil berwarna putih yang juga membawa jenazah ayahnya, CL Franklin pada tahun 1991 dan pemimpin gerakan hak-hak sipil Rosa Parks pada tahun 2005. Seperti halnya mereka, Franklin akan dikebumikan di Pemakaman Woodlawn, Detroit.

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews