https://www.batamnews.co.id

Rambut Rontok Setelah Melahirkan, Ini 3 Cara Mengatasinya!

Foto : mediskus.com

Batam - Ada banyak alasan mengapa rambut rontok, mulai dari stres hingga kurangnya asupan nutrisi pada rambut. Namun tak banyak yang tahu bahwa melahirkan juga bisa jadi alasan rambut rontok.

Perubahan hormon selama dan usai kehamilan ternyata punya efek tertentu pada rambut. Diungkapkan pendiri klinik khusus wanita, Walk in GYN Care, Adeeti Gupta, "Selama hamil, estrogen meningkat, hormon ini yang membuat rambut indah dan teksturnya lebih baik. Namun, usai melahirkan hormon estrogen menurun yang membuat rambut rontok."

Namun hal ini bisa diatasi ladies, seperti dilansir Health.com, ini cara mengatasi rambut rontok setelah melahirkan.

1. Potong rambut pendek
Rambut panjang lebih berisiko mengalami kerontokan karena beban rambut yang lebih berat, sehingga lebih baik memangkas rambut dan memilih gaya rambut yang tepat. Apalagi rambut panjang ibu berisiko ditarik-tarik oleh si kecil, jadi rambut pendek lebih nyaman untuk ibu. Pilih gaya rambut yang memberikan volume pada rambut sehingga tidak terlihat tipis namun mudah ditata.

2. Aksesoris yang tepat
Jangan terlalu sering mengikat rambut dengan kencang karena lebih rentan menarik akar rambut dan membuat rambut rapuh. Sebaiknya pakai aksesoris rambut yang sederhana seperti penjepit rambut, bando atau bandana agar rambut ringkas dan tidak mengganggu aktivitas ibu.

3. Konsumsi makanan sehat
Ini adalah poin penting menjaga kesehatan rambut. Rajin mengonsumsi makanan sehat, bernutrisi dan bisa membantu kekuatan akar dan batang rambut seperti makanan yang mengandung banyak D, vitamin B kompleks dan asma lemak omega 3 agar kerontokan tidak semakin parah.

Pastikan juga ibu tidak stres usai melahirkan, agar rambut tidak mengalami dampaknya dan justru semakin rontok. Jaga kebahagiaan setelah melahirkan sehingga tak perlu khawatir rambut rontok selagi mengasuh si kecil.

(pkd)