Prosedur Penyelaman Kiatwansyah Sesuai Standar Safety

Prosedur Penyelaman Kiatwansyah Sesuai Standar Safety

Tim gabungan yang melakukan pencarian Kiatwansyah (foto:ist)

Papua - Informasi yang diperoleh dari kelompok penyelam setempat bahwa prosedur penyelaman Kiatwansyah dan timnya sudah memenuhi Standar Safety Mansinan.

"Prosuder Diving dijalankan sesuai standar safety operation, dilakukan briefing, dengan masing-masing diver buddy system dan 3 orang dive guide. Ratio guide guest 1:4," kata seorang dari kelompok penyelam yang tak ingin disebut namanya.

Lanjut dia, kejadian check dive pertama di pulau Mansinan, tanggal 10 Agt 2018, pada 12.30 WIT. Lokasi diving Kurang lebih berjarak sekitar 100 m dari Pantai pulau Mansinan. 

Tim melakukan penyelaman di kedalaman16 m, perairan semi tertutup, No Current, Visibility 15 m. 

Lanjut dia, setelah entry dive, dari kedalam 5 meter Kiat terlihat naik ke permukaan lalu disusul dan ditemani oleh guide naik ke permukaan. 

Guide menanyakan apakah dia akan turun lagi dan dijawab tidak. Setelah Speed boat diving datang mendekatinya. Dive guide menyusul penyelam lainnya. 

Boat diver meminta ia untuk naik ke boat namun ia berinisiatif untuk menyelam kembali. Boat diver masih sempat melihat dan memantau bubble-nya. Sampai semua diver naik ke permukaan, ia tidak ditemukan. 

Tim Kurabesi sebagai kapal yang mengantar tim penyelam tersebut langsung melakukan pencarian pada saat kejadian dan melaporkan kejadian ke kantor Basarnas, pada jam 15.00 WIT pada Jumat.

Tim Basarnas langsung melakukan pencarian dan hari ini kembali dilanjutkan pencarian dengan dibantu oleh Polairut, Komunitas Selam dan Lainnya. 

(qui)


 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews