Presiden Rusia Vladimir Putin Sampaikan Belasungkawa Gempa Lombok

Presiden Rusia Vladimir Putin Sampaikan Belasungkawa Gempa Lombok

Presiden Rusia Vladimir Putin. (Foto: Time/batamnews)

Jakarta - Presiden Rusia Vladimir Putin turut berbelasungkawa terhadap tragedi gempa Lombok kepada Presiden Indonesia Joko Widodo (Jokowi).

Melansir kantor berita pemerintah Rusia, TASS, Selasa (7/8), Orang Nomor Satu di Negeri Beruang Merah itu menuliskannya melalui telegram yang diunggah pada situs resmi Istana Kepresidenan, Kremlin.

"Terimalah ungkapan belasungkawa saya yang terdalam atas tragedi dan musibah besar yang disebabkan oleh gempa kuat di Pulau Lombok," kata telegram itu. "Saya meminta Anda (Jokowi) untuk menyampaikan simpati serta dukungan kepada keluarga dan teman-teman korban yang meninggal dan semoga semua yang terluka cepat pulih."

Gempa Lombok terjadi pada Minggu, 5 Agustus 2018 pada pukul 18.46 WIB. Menurut laporan, lebih dari 90 orang meninggal dan lebih dari 200 orang terluka. 

Upaya pencarian masih terus dilakukan pihak berwenang. Otoritas telah mengevakuasi lebih dari 10.000 warga setempat dan juga wisatawan asing. Sedangkan lebih dari 130 gempa susulan tercatat pada hari Senin.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyebut pusat gempa berada pada kedalaman 15 km, 8.25 Lintang Selatan dan 116.49 Bujur Timur Laut atau 27 km Timur Laut Lombok Utara, NTB.

BMKG juga mengungkapkan, kekuatan gempa Lombok kali ini berpotensi memunculkan gelombang laut besar atau tsunami. Namun peringatan ini dicabut beberapa jam setelahnya.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews