Buah Melake, Kue Bulat dari Tanah Melayu yang Bikin Meleleh Ketika Digigit

Kue Buah Melake yang siap untuk disantap (Foto:Net)

Lingga - Buah Melake merupakan salah satu kue khas di tanah melayu, termasuk Kabupaten Lingga, Kepulauan Riau.

Kue berbentuk bulat dan identik dengan warna hijau serta diselimuti parutan kelapa ini sering menjadi santapan pagi warga setempat.

Cara membuat kue yang pecah di mulut itu cukup mudah. Tidak perlu merogoh saku dalam-dalam. Bahkan, bahannya pun mudah ditemukan di warung-warung yang ada.

Kue bulat tersebut dibuat hanya dengan cara direbus. Kemudian, di dalam bulatan kue itu diisi gula merah (aren).

Setelah direbus dan dikira sudah mendidih, Buah Melake lalu digulingkan dengan parutan kelapa hingga terbaluri semua.

Buah Melake rata-rata berasa manis. Diketahui, nama kue Buah Melake datangnya dari bentuk kue yang menyerupai buah pohon Melaka.

Berikut cara pembuatan Buah Melake:

Komposisi:

300 gr tepung ketan

250 gr gula merah, potong-potong

Secukupnya air

Secukupnya garam

Secukupnya daun pandan, peras (opsional)

250 gr kelapa parut

Cara membuat:

Campurkan tepung ketan dengan garam dalam wadah adonan lalu siramkan air ke dalam wadah adonan berisi campuran tepung ketan dan garam secara perlahan sambil diaduk merata. Perhatikan, air yang disiramkan pastikan tidak membuat adonan menjadi encer.

Sisihkan terlebih dahulu adonan tepung ketan yang tadi dibuat dan kemudian beralih ke tahap berikutnya yaitu memarut daun pandan kemudian menambahkannya dengan air sedikit saja lalu peras. 

Tampung perasa air daun pandan untuk dicampurkan nanti dengan adonan tepung sebagai pewarna alami adonan.

Kemudian, campurkan adonan tepung ketan dengan air perasan daun pandan dan aduk merata. Diamkan adonan hingga teksturnya sedikit mengeras.

Setelah itu, adonan dibentuk bulat dengan menggunakan tangan. Sisipkan potongan gula merah ke dalam bulatan adonan lalu rebus sampai mengembang dan matang.

Sementara menunggu rebusannya selesai, siapkan kelapa parut untuk lapisan luat kue Buah Melake nya nanti. Angkat rebusan kue Buah Melake yang sudah mengembang dan matang lalu gulingkan pada parutan kelapa.

Kue basah buah Melaka siap dinikmati.

(ruz)