Ketua HKI Kepri: Sosialisasi OSS Tak Cukup Sekali

Ketua HKI Kepri: Sosialisasi OSS Tak Cukup Sekali

Training sistem Online Single Submission (OSS) di Travelodge. (Foto: Johannes/batamnews)

Batam - Ketua Himpunan Kawasan Industri (HKI) Kepulauan Riau, Oka Simatupang meminta agar Badan Pengusahaan (BP) Batam dapat melakukan training sistem Online Single Submission (OSS) secara berkelanjutan. Menurutnya tidak hanya cukup sekali pertemuan saja. 

"Tidak bisa hanya sekali, karena ini sistem baru, persiapan harus dimulai dari segi operator untuk yang akan menggunakan sistem ini," ujar Oka, usai Sosialisasi OSS yang dilaksanakan BP Batam di Travelodge Hotel, Kamis (19/8/2018). 

Ia mengapreasi pelaksanaan sosialisasi tersebut, hanya saja ada yang perlu dievaluasi, di antaranya waktu pelaksanaan yang masih belum cukup. 

"Makanya perlu tambahan waktu lagi, tadi saya datangkan 100 orang dan mereka sudah membawa laptop masing-masing cuman belum sempat digunakan, waktunya sudah habis," katanya. 

Sehingga diperlukan waktu yang lain, dan BP Batam dapat memfasilitasi pelatihan sistem ini. Dan perlu ada orang yang khusus melayani di BP Batam. 

"Ketika beberapa orang perusahaan datang, mereka sudah terlayani, dan mesti ada tempat di BP Batam, jangan sampai karena operator tidak bisa menggunakan sistem ini, investasi menjadi terhambat," ucapnya. 

Namun Ia tetap mengapresiasi sistem OSS tersebut, berbagai kemudahan bisa didapatkan lewat satu pintu yaitu OSS. Peluncuran sistem ini sudah ditunggu-tunggu kehadirannya. 

Direktur Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), Adi Seogiharto menambahkan bahwa pihaknya sudah menyiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk membantu cara mengaplikasi ke sistem OSS. 

"Sejak OSS diluncurkan layanan mandiri sudah ada, jika nantinya ramai, bisa kami arahkan ke lantai 3 di Mal Pelayanan Publik, jadi tidak perlu khawatir,kami juga tidak menutup diri," kata Adi pada kesempatan yang sama. 

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews