Dukcapil Nilai Desa dan Kelurahan Terbaik di Kepri

Dukcapil Nilai Desa dan Kelurahan Terbaik di Kepri

Kepala Dinas PMD Dukcapil Kepri Sardison (foto: kepriprov)

Tanjungpinang - Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Pencatatan Sipil (PMD Dukcapil) sedang menilai desa dan kelurahan terbaik di Kepri.

Kepala Dinas PMD Dukcapil Kepri Sardison memaparkan, penilaian dilakukan mencakup tiga aspek, yakni pembangunan, pemerintahan dan kemasyarakatan.

"Di antaranya adalah mengenai tertib administrasi desa atau kelurahan serta partisipasi masyarakat setempat dalam pembangunan," kata Sardison belum lama ini.

Saat ini, tim penilai telah melaksanakan proses penilaian di Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Karimun.

"Untuk kabupaten/kota lain akan segera dilaksanakan. Kami menargetkan ini sudah rampung sebelum Agustus," ujar Sardison.

Sebab, desa atau kelurahan terbaik rencananya akan diundang, sekaligus penyerahan hadiah pada perayaan Kemerdekaan RI pada 17 Agustus mendatang. 

"Kelurahan atau desa terbaik akan mendapat uang pembinaan dan piagam," jelas Sardison.

Dia juga menjelaskan jika terdapat perbedaan dari pelaksanaan sebelumnya. Lomba serupa tidak lagi diadakan pada skala nasional.

"Tapi akan membanggakan karena Mendagri tetap akan memberikan apresiasi bagi desa atau kelurahan terbaik di tingkat provinsi," ujarnya.

Untuk diketahui, tahun lalu desa yang ada di Kepulauan Riau, yakni Desa Toapaya Selatan berhasil terpilih sebagai desa terbaik ketiga nasional regional 1 Sumatera.

"Penilaian desa dan kelurahan ini sangat penting karena akan menggambarkan tahap perkembangan desa dan kelurahan," kata Sardison. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews