Peneliti Temukan Pendingin Gadget Masa Depan dari Kristal

Peneliti Temukan Pendingin Gadget Masa Depan dari Kristal

Teknologi pendingin gadget masa depan dapat digantikan dengan menggunakan batu kristal.

Jakarta - Para peneliti di University of Chicago dan University of Texas menemukan solusi pendingin pengganti cooling fan pada gadget dan pendingin pada komputer.

Teknologi pendingin gadget masa depan dapat digantikan dengan menggunakan batu kristal. Dilansir Engadget, Kamis (12/7/2018), teknologi cooling fan kelak akan digantikan dengan kristal. Ya, kristal nantinya bakal bisa mengurangi pendaran panas dari gadget.

Sebagai informasi, kristal yang diproduksi nantinya akan mengambil bentuk dari kristal jenis boron arsenide sintetis, di mana memiliki manajemen panas efisien.

Kristal tersebut tak tersedia di alam, jadi harus diciptakan dengan metode bernama chemical vapor transport.

Baca juga:

Bacaleg Parpol Masih Tunda Mendaftarkan Diri di KPU Batam

Jelita Sejuba Diputar di Natuna, Bupati Hamid Ingin Tiket Nonton Digratiskan

 

Peneliti Qiye Zheng menjelaskan, kristal akan dikombinasikan dari unsur kimia boron dan arsenik, yang nantinya akan masuk ke proses penguapan dan akan didinginkan, sehingga mengembun menjadi buliran kristan kecil.

“Kami menggabungkan berbagai jenis material dan sintetis trial and error untuk bisa mendapatkan kondisi dengan kristal berkualitas baik,” kata Zheng.

Peneliti juga yakin kalau kristan boron arsenide nantinya bisa mendinginkan gadget tiga kali lipat lebih baik dari sistem cooling fan yang ada sekarang ini.

Berita ini dikutip dari liputan6.com.

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews