Tren Busana Kaum Disabilitas Kini Lebih Fashionable

Tren Busana Kaum Disabilitas Kini Lebih Fashionable

Gaya berbusana Disabilitas lebih fashionable

Jakarta - Bagi kalangan disabilitas menemukan pakaian yang pas dan nyaman dengan bentuk tubuh cukup sulit. Apalagi untuk disabilitas yang ingin tampil stylis, harus mengeluarkan biaya yang mahal.

Melihat permasalahan tersebut, Stephanie Thomas, fashion stylist dan konsultan fashion untuk selebriti dan influecer disabilitas di Hollywood mengungkapkan keinginannya merancang busana untuk kaum disabilitas.

Dikutip dari kumparan, saat menjadi pembicara di TED Talk, Stephanie memaparkan bahwa ada beberapa bagian dari busana yang justru dapat memberikan masalah kesehatan kepada para penyandang disabilitas. Misalnya saja, kancing, restleting, atau label baju. 

Ia berharap, para desainer bisa membuat busana yang sesuai untuk para perempuan disabilitas dengan bentuk tubuh yang berbeda, baik untuk mereka duduk di kursi roda, atau mengenakan tangan dan kaki palsu.

Sebenarnya 18 tahun lalu, beberapa desainer sudah mulai memikirkan model busana yang cocok untuk penyandang disabilitas. Salah satunya adalah Alexander McQueen yang kala itu mendapuk atlet paralimpik Aimee Mullins untuk berjalan di panggung peragaan dengan mengenakan rok sifon, korset kulit dan sepasang tangan dan kaki palsu yang terbuat dari kayu.

Baca juga:

Dinkes Kepri Minta Medis Cepat Tanggap

30 Karya Inovasi Dipamerkan di TTG Tanjungpinang

 

Beruntungnya,saat ini semakin banyak orang yang sadar dengan keanekaragaman bentuk tubuh (body diversity). Karena sesungguhnya, perempuan cantik tak hanya bertubuh tinggi semampai, berkulit putih dan berambut lurus. Semakin banyak model yang eksis dengan bentuk tubuh yang berbeda-beda.

Contohnya saja Jillian Mercado, Jamie Brewer dan Kelly Knox. Mereka adalah model disabilitas yang berusaha mengukuhkan eksistensinya di dunia fashion. 

Selain itu, salah satu agensi modeling, Zebedee Management, terketuk hatinya untuk melakukan perubahan pada industri mode. Agensi ini adalah salah satu agensi pertama yang menghadirkan model-model disabilitas. 

(*)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews