Kekayaan Sultan Brunei Kalahkan Raja Arab Saudi

Kekayaan Sultan Brunei Kalahkan Raja Arab Saudi

Brunei - Kekayaan Sultan Brunei Darussalam yaitu Hassanal Bolkiah ternyata sudah melewati kekayaan Raja Salman dari Arab Saudi.

Menurut laporan Business Insider, pada 2018 kekayaan Sultan Hassanal Bolkiah terhitung sebesar USD 20 miliar. Angka itu lebih tinggi USD 3 miliar dari Raja Salman, dan masih di atas Emir Uni Emirat Arab dan Qatar.

Hassanal Bolkiah, yang memiliki nama dan gelar lengkap Jenderal Sultan Haji Sir Hassanal Bolkiah Mu'izzaddin Waddaulah GCB GCMG, memperoleh kekayaan dari bisnis di industri minyak dan gas. Ia juga bertempat tinggal di istana termegah di dunia, yaitu Istana Nurul Iman. 

Di samping bisnis energi, di bawah kepemimpinan sang sultan, BUMN Brunei berhasil memperoleh Hotel Dorchester di London dan Hotel Beverly Hills di California. Setelahnya, ada 10 hotel bintang lima yang dimiliki BUMN tersebut di bawah operator bernama Dorchester Collection.

Sultan Hassanal dikenal menyukai emas, dan dikenal luas mengoleksi mobil Roll-Royce. Bahkan, salah satu mobilnya dilapisi emas 24 karat.

Sebetulnya, Sultan Hassanal juga sudah berlangganan muncul di daftar orang-orang terkaya di Forbes. Saat ini, satu-satunya raja yang mengalahkannya dalam hal kekayaan adalah Raja Thailand, Maha Vajiralongkorn.

Sultan Hassanal merupakan Perdana Menteri pertama di Brunei. Dia sudah setengah abad berkuasa. Ia pertama kali menjabat pada 4 Oktober 1967, dan merupakan pemimpin monarki tertua kedua di dunia setelah Ratu Elizabeth II.

(*)

Baca juga:

Seekor Lele Raksasa Ditemukan di Banten

Pemrov Kepri Siap Bantu Bangun Masjid di Daerah

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews