Dubes AS Rayakan Hari Kemerdekaan di Batam

Dubes AS Rayakan Hari Kemerdekaan di Batam

Perwakilan Kedubes Amerika di Batam bersama Gubernur Kepri, Nurdin Basirun (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

Batam - Perayaan Hari kemerdekaan Amerika Serikat ke-242 untuk pertama kalinya diselenggarakan di Kota Batam. Kerja sama Amerika Serikat dan Indonesia sudah berlangsung selama 69 tahun.

Duta Besar Amerika Serikat, Joseph R Donovon Jr mengatakan, perayaan hari kemerdekaan ini dilaksanakan di 3 kota di Indonesia.

“Biasanya kami merayakan di Konsulat Jenderal di Medan, atau berganti kota lainnya di Sumatera, kali ini kami pilih Batam,” ujar Donovon yang hadir dalam perataan Hari kemerdekaan Amerika Serika di Best Western Panbil Batam, Senin (9/7/2018). 

Sebelumnya perayaan hari kemerdekaan sudah dilaksanakan di Jakarta dan kantor konsulat jenderal Amerika Serikat di Surabaya. 

Ada alasan khusus dari Donovon untuk memilih Batam sebagai tempat perayaan dari kemerdekaan Amerika Serikat. Ia sudah beberapa kali mendengar Provinsi Kepulauan Riau. 

“Alasan kedua saya karena sata sudah mendengar banyak hal mengenai Kepulauan Riau itulah sebabnya saya datang ke sini untuk melihatnya,” kata dia. 

Pada kesempatan datang ke Batam, Donovon mengaku sudah bertemu dengan Gubernur Kepri pada pagi hari. Kesempatan itu digunakan untuk membahas beberapa hal, baik perdagangan maupun pendidikan. 

Selain itu, Ia juga telah bertemu dengan perusahaan-perusahaan Amerika serikat yang ada di Batam. 

“Saya minta untuk tukar pikiran dengan mereka,” kata dia.

Sementara itu, Gunernur Kepri Nurdin Basirun mengatakan bahwa pihaknya perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat dan pertemuan dengan Duta besar Amerika Serikat menjadi salah satu untuk mempereat hubungan Amerika dengan Kepri khusunya. 

“Dengan Kota Batam dipilih sebagai tempat perayaan hari kemerdekaan Amerika, menandakan Kota Batam sedang dalam suasana kondusif, kedatangan duta besar mereka juga ingin melihay potensi langsung yang dimliki Kepri,” ujar Nurdin. 

Pada pertemuan dengan Dubes Amerika, Nurdin menyampaikan beberapa kerjasama yang akan dijalin dengan Kepri. Terutama untuk sektor Perikanan, kelautan dan tekonologi.

“Letak Kepri secara geografis yang terdiri dari 96 persen laut, membuat potensi yang dimiliki dari sektor perikanan dan kelautan cukup besar, itu yang kami sampaikan,” katanya.

Tentunya Ia mengharapkan dengan adanya pertemuan ini, para investor asal Amerika Serikat dapat melihat potensi besar yang dimiliki Kepri. 

“Harapan kami, Dubes Amerika dapat mendorong para usahawan/investor ikut berinvestasi di Kepri, wilayah Indonesia khusus Kepri jantung indo pasifik, wilayah kami memiliki selat malaka alur perayaan dunia, sehingga cukup menguntungkan,” katanya.

Pada perayaan hari kemerdekaan Amerika Serikat, beberapa Kepala daerah di wilayah sumatera juga turut hadir. Acara ini juga sangat identik dengan ciri khas dari negara paman sam tersebut. 

Mulai dari makanan dan minuman hingga cara berpestanya. Makanan yang disajikan seperti Ayam goreng kentucky, chicken boxing, nuget ayam menjadi menu utama dari perayaan tersebut. Tak lupa juga minuman soda juga disediakan.

Selain itu, pesta perayaan kemerdekaan ini dikemas dengan “standing party”, artinya setiap tamu dan undangan selama pesta ini berlangsung semunya berdiri. Tak terkecuali Duta besar dan Gubernur Kepri juga ikut berdiri dan berbaur dengan tamu-tamu lainnya.

(ret)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews