Jawa Timur Jadi Provinsi dengan Kepala Daerah Perempuan Terbanyak

Jawa Timur Jadi Provinsi dengan Kepala Daerah Perempuan Terbanyak

Khofifah (tengah) menang dalam Pilgub Jawa Timur

Jawa Timur - Jawa Timur kini menjadi provinsi dengan jumlah kepala daerah perempuan terbanyak di Indonesia. 

Kemenangan Khofifah Indar Parawansa beserta delapan perempuan lainnya dalam Pilkada Jawa Timur membawa angin segar di dunia perpolitikan.

Kini, provinsi dengan 38 kabupaten dan kota itu akan memiliki seorang gubernur, sembilan kepala daerah, dan lima wakil kepala daerah berjenis kelamin perempuan.

Lekat dengan kultur keislaman dan pengaruh budaya patriarki tak menghalangi Jawa Timur untuk memiliki kepala daerah perempuan. 

Khofifah yang menang dalam Pilgub Jawa Timur berharap keterpilihan para perempuan bisa menggeser stigma negatif dari masyarakat terhadap politik. 

“Saya bahagia. Mudah-mudahan ketika banyak perempuan yang kemarin sudah bisa mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, kita bisa menunjukkan low politics, politik yang makin soft, politik yang main friendly ,” kata Khofifah dikutip dari kumparan, pada Jumat (6/7).

Tak hanya itu, masyarakat Jawa Timur juga dikenal sebagai pemilih rasional yang memiliki independensi dalam memilih. Menentukan pilihan siapa yang dicoblos di balik bilik suara tak lagi tergantung pada ucapan-ucapan tokoh masyarakat atau kiai. 

“Nggak pernah ada ucapan, ‘Ah, wong wedok (perempuan)!’ Lanang, wedok, yo wis tarung. Laki atau perempuan, silakan tarung asal kerja keras,” ujar Eva Kusuma Sundari, anggota DPR RI dari daerah pemilihan Jawa Timur VI.

(*)

Baca juga: 

 

Jambret yang Tewaskan Penumpang Ojol Menyerahkan Diri

 

Indonesia Water Forum Bahas Masalah Air di Batam

 


 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews