https://www.batamnews.co.id

Ilmuan Amerika Klaim Temukan Obat Penghancur Kanker

Harvard - Dr. Ashish Kulkarni dan rekan-rekannya dari Brigham and Women's Hospital Harvard Medical School mengklaim menemukan obat khusus yang dapat membantu tubuh menghancurkan sel-sel kanker.

Dilansir dari suara.com, jurnal Nature Biomedical Engineering, mengatakan perawatan ini mampu meningkatkan kemampuan sel darah putih yang disebut makrofag untuk memakan sel kanker yang tidak diinginkan tubuh.

Hal itu terbukti lewat penelitian yang dilakukan pada kelompok tikus percobaan. Hasil penelitian tersebut menunjukkan terapi ini cukup efektif pada kasus tumor payudara dan kanker kulit yang agresif.

Tim ilmuwan dari Amerika Serikat itu mengatakan obat ini bekerja dalam dua cara.

Pertama, obat mampu mencari sel-sel kanker yang tersembunyi dan mengirimkan sinyal "makan saya" pada makrofag. Kedua, obat ini mampu memberitahu tumor untuk berubah menjadi jinak.

Baca juga:

Partisipasi Pemilih di Pilkada Tanjungpinang Hanya 59 Persen

Lukita Bantah Perlambat Proses Hibah Aset BP Batam

 

"Ini menjanjikan. Banyak hal perlu dilakukan sekarang dan menunjukkan bahwa pendekatan ini dapat digunakan untuk mengobati pasien kanker," kata Carl Alexander dari Cancer Research UK.

Lewat hasil tersebut, tim peneliti berharap bisa memulai uji coba obat supramolecule pada manusia dalam beberapa tahun ke depan.

Saat ini, perawatan yang berbasis sistem kekebalan tubuh melawan sel kanker merupakan bidang penelitian yang tengah berkembang di kalangan ilmuwan di seluruh dunia.

(*)


Berita Terkait