Pileg 2019

Mau Maju Jadi Caleg? Ini Persyaratannya

Ilustrasi

Batam - Persaingan bakal calon legisatif (bacaleg) DPRD Batam dipastikan akan sengit. Ada enam dapil di Kota Batam yang akan diperebutkan.

Secara berurutan dapil tersebut di antaranya Kecamatan Batam Kota dan Lubuk Baja dengan alokasi kursi 12, Kecamatan Batuampar dan Bengkong dengan alokasi 8 kursi, Kecamatan Bulang, Galang, Nongsa dan Sei Beduk dengan alokasi 8 kursi, Kecamatan Sagulung dengan alokasi 9 kursi, Kecamatan Batuaji dengan alokasi 6 kursi dan Kecamatan Belakangpadang dan Sekupang dengan alokasi 7 kursi.

Untuk menjadi calon, peserta harus mengikuti beberapa syarat yang sudah ditentukan oleh KPU. Ada dua syarat yang ditentukan oleh KPU, yaitu syarat pengajuan bakal calon dan syarat calon.

Baca juga:

Gubernur Aceh Irwandi Yusuf Diperiksa di Markas Polda Aceh

Mantan PM Malaysia Najib Razak Ditangkap KPK Malaysia

 

Komisioner KPU Kota Batam, Zaki mengatakan syarat pengajuan bakal calon adalah syarat yang diajukan oleh pimpinan parpol sesuai tingkatannya. Setiap parpol hanya boleh mendaftarkan bacalegnya nanti maksimal 50 orang atau 100 persen dari jumlah anggota DPRD Kota Batam saat ini.

“Jadi kalau untuk tingkat Kota Batam, diajukan oleh parpol Kota Batam. Terus jumlah caleg itu 100 persen di masing-masing Dapil, terus memenuhi kuota perempuan 30 persen. Dengan urutan 1,2 dan 3 itu, salah satu diantara urutan itu harus ada calon perempuan satu,” ujarnya, Rabu (4/7/2018).

Untuk syarat calon, Zaki menjelaskan syarat yang ditentukan di antaranya tidak pernah sebagai terpidana berdasarkan pengadilan yang memperoleh kekuatan hukum dengan ancaman lima tahun atau lebih.

”Terus itu sehat jasmani dan rohani dan bebas dari penyalah gunaan narkoba. Selanjutnya itu terdaftar sebagai pemilih, dan syarat-syarat lainnya,” kata dia.

Pendaftaran bakal calon legisatif (bacaleg) DPRD Batam ke KPU Kota Batam akan mulai dibuka besok, Rabu (4/7).

(ude)

SHARE US :

Berita Terkait