Padang Mengatas, Wisata Sabana Rasa Selandia Baru

Padang Mengatas, Wisata Sabana Rasa Selandia Baru

Padang Mengatas adalah kompleks peternakan sapi yang berada di kaki Gunung Sago, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota

Padang - Ingin foto ala padang rumput seperti di Selandia Baru? seperti Anda tidak perlu jauh-jauh untuk mencoba pengalaman tersebut.

Dilansir dari kumparan.com, di Indonesia pemandangan seperti di Selandia Baru berupa padang rumput yang luas bisa Anda temukan di Sumatera Barat.

Datang saja ke Padang Mengatas. Padang Mengatas adalah kompleks peternakan sapi yang berada di kaki Gunung Sago, Payakumbuh, Kabupaten Limapuluh Kota. 

Sejauh mata memandang, pengunjung akan disuguhkan hamparan rumput hijau dengan ribuan sapi yang bebas berkeliaran. 

Belum lagi dipercantik dengan background gunung yang menjulang tinggi, serta barisan bukit yang berjejer rapi. Padang sabana yang luasnya mencapai 280 hektare itu juga dibelah oleh sebuah jalan menuju bukit.

foto: http://bptupadangmengatas.com/

Faktanya, Padang Mengatas merupakan warisan dari Pemerintah Hindia Belanda yang dibangun pada 1916 silam. Bahkan, pernah menjadi peternakan terbesar di Asia Tenggara pada 1955. 

Walau begitu, peternakan ini juga pernah mengalami pasang surut, dan hampir mati. Kegiatan peternakan terhenti, pemugaran, dan mengalami kehancuran bukan menjadi hal baru yang dialami oleh Padang Mengatas.

foto: travelingyuk.com

Hingga, saat Pemerintahan Presiden Soeharto, nasib baik berpihak padanya. Kala itu, kegiatan peternakan kembali menanjak. Sayangnya, pada era Reformasi, Padang Mengatas kembali hancur karena dijarah dan dikuasi warga.

(*)

Baca juga:

Mantan PM Malaysia Najib Razak Ditangkap KPK Malaysia

Uang Gaji ASN Rp 30 Miliar di KM Lestari Maju Ditemukan

 

 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews