Berpayudara, Remaja Pria di China Dimastektomi

Berpayudara, Remaja Pria di China Dimastektomi

foto ilustrasi : http://kankerpayudaraobat.com

BATAMNEWS.CO.ID, China - Seorang anak lelaki, sebut saja 'Xiao Fang' mengalami pertumbuhan jaringan payudara. Kejadian ini berlangsung di tahun 2017, namun pertumbuhan payudara sebelah kanan anak lelaki ini sudah dirasakan semenjak tujuh tahun yang lalu.

Xiao Fang terpaksa harus menjalani mastektomi untuk menghilangkan payudara dengan ukuran cup A tersebut.

Pertumbuhan jaringan payudara tersebut diperkirakan karena hormon yang tidak seimbang.

Para dokter di Zhejiang Wenzhou Central Hospital, China, memperkirakan hal ini terjadi karena bahan kimia yang ada pada makanan cepat saji. 

"Sisi kanan tubuh pasien menyerupai wanita, sedangkan sebelah kiri (menyerupai) pria," kata Kepala Bagian Pengobatan Pan Zhongliang pada Qianjiang Evening Post, seperti dilaporkan oleh Daily Mail.

Baca juga:

Kecelakaan di Madinah, 3 Jemaah Umrah Indonesia Tewas
KMP Sumut 2 Temukan Tiga Penumpang KM Sinar Bangun

 

Kondisi ini dikenal dengan nama gynecomastia atau pembesaran pada jaringan dada pada pria dan ini dikaitkan dengan hormon estrogen dan testosteron yang tidak seimbang. 

Biasanya dialami oleh bayi yang baru lahir, anak laki-laki menjelang masa pubertas, atau pada orang tua karena pengaruh perubahan kadar hormon.

Makanan tertentu sebagai contoh, diet tinggi lemak atau tinggi karbohidrat (misalnya kue kering atau kentang goreng) dapat menyebabkan masalah hormon yang tidak seimbang.

Obat-obatan juga dapat mempengaruhi pertumbuhan jaringan payudara pada pria. Sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal American Family Physician menemukan hingga 25 persen kasus gynecomastia disebabkan oleh obat-obatan semisal antipsikotik, obat kolesterol, perawatan rambut rontok, serta steroid anabolik. Demikian dikutip dari Medical Daily.

(kin)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews