Idul Fitri 1439 H

Begini Tradisi Warga Bukit Sukajadi Batam di Malam Takbiran

Begini Tradisi Warga Bukit Sukajadi Batam di Malam Takbiran

Warga Kompleks Bukit Indah Sukajadi menggelar acara takbiran melibatkan semua warga di lingkungan ini, Kamis (14/6/2018) malam. (Foto: Johannes Saragih/Batamnews)

BATAMNEWS.CO.ID, Batam - Ratusan warga di Kompleks Bukit Indah Suka Jadi, Batam memeriahkan malam takbiran dengan cara keliling perumahan, Kamis (14/6/2018). Takbiran keliling sudah menjadi tradisi sejak puluhan tahun lalju.

Ketua Takbir Keliling Masjid Suka Jadi, Raden Erwin mengatakan, hampir 70 persen warga perumahan Suka Jadi ikut memeriahkan takbir keliling tersebut. "200 orang lebih yang ikut," ujarnya.

Takbir keliling perumahan ini sudah menjadi agenda tahunan bagi warga dan masyarakat suka jadi. "Sudah puluhan tahun, bahkan setiap tahun bertambah yang ikut," ujarnya, Jumat (14/6/2018) malam.

Tidak hanya diikuti oleh orang dewasa. Takbiran keliling dalam rangka merayakan hari kemenangan ini juga dihadiri anak anak. "Anak-anak juga semangat, pemuda, tokoh masyarakat," katanya.

Selesai takbiran keliling, acara dilanjutkan dengan silaturahmi dan berjumpa dengan cara makan bersama di pekarangan masjid. "Takbiran dijamin tidak akan mengangu lalu lintas," katanya.

Semua ini, kata Raden, guna meningkatkan keimanan dan rasa syukur masyarakat kepada Allah SWT. "Semoga tahun depan kita masih bisa mengumandangan takbiran," ujarnya kepada Batamnews.co.id.

Jamaah masjid Suka Jadi, Batam Kota, mengunakan mobil pick up dan beberapa anak-anak berada di dalam mobil sambil megumandangkan takbir. Mereka memukul ember sebagai ganti beduk dengan seadanya.

Selain itu rombongan anak-anak tersebut diikuti beberapa mobil warga sekitar. Warga yang berada di dalam rumah sontak keluar untuk menyaksikan arak-arakan itu. Tidak jarang dari mereka keluar rumah hanya untuk mengabadikan momen satu kali setahun dan membagikan minuman kepada anak-anak yang asyik takbiran di atas mobil.

(tan)


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews