Umur 60 Tahun Masih Bisa Hamil?

Umur 60 Tahun Masih Bisa Hamil?

BATAMNEWS.CO.ID, Jakarta - Manih, perempuan berusia 78 tahun di Bogor dikabarkan sedang hamil 7 bulan. Kabar tentang kehamilan Manih ini salah satunya diunggah di akun Instagram OMG Indonesia.

Menurut Dr John Zhang, direktur medis New Hope Fertility Center di Columbus Circle, perempuan berusia di atas 50 tahun masih ada peluang untuk hamil. Setelah umur 45 tahun kemungkinan wanita hamil secara alami kurang dari 4 persen dan kemungkinannya merosot jadi satu persen setelah usianya mencapai 50 tahun.

"Namun, kemungkinan ibu di atas usia 50 tahun untuk hamil bisa meningkat sampai 65 hingga 85 persen dengan menjalani prosedur bayi tabung dan sel telur yang lebih muda," tutur John dikutip dari NY Daily News.

Hanya saja, kehamilan yang dialami perempuan berusia di atas 50 tahun adalah berisiko.Studi tahun 2010 di Israel menemukan wanita hamil berumur 45 tahun ke atas tiga kali lebih mungkin mengalami gestational diabetes dan tekanan darah tinggi selama hamil, dibanding wanita hamil yang umurnya lebih muda.

Selain itu, mereka juga lebih berisiko melahirkan prematur dan persalinan caesar. Sebelum memutuskan hamil di usia yang sudah lanjut skrining kesehatan tetap diperlukan dan berbagai pertimbangan terkait risiko yang bisa terjadi perlu dipikirkan matang-matang.

"Masalahnya apakah pembuluh darah dan jantung pada lansia yang sudah nggak elastis bisa menghandle naiknya volume darah selama hamil? Nah, ini sering menimbulkan risiko tekanan darah tinggi yang lebih besar," kata dokter obstetri dan dinekologi Dr David Cohen.

(deb)


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews