Mengenal Alquran Raksasa Bertinta Emas dari Masjid Solo

Mengenal Alquran Raksasa Bertinta Emas dari Masjid Solo

BATAMNEWS.CO.ID- Masjid Raya Fatimah, Solo ternyata menyimpan sebuah Al-Qur’an berukuran raksasa dengan panjang 175 cm dan lebar 115 cm.

Tebal Al-Qur’an ini kurang lebih 30 cm. Beratnya mencapai sekitar 40 kg. Untuk menggotong kitab suci ini perlu sedikitnya tiga orang. 

Selain ukurannya yang fenomenal, Al-Qur’an ini juga menyimpan nilai sejarah khusus. 

“Al Qur'an ini hibah dari Keraton Solo dari PB XII (Pakubuwono). Menyerahkan ke keluarga besar Batik Danar Hadi ya lebih lengkapnya itu yang punya Batik Danar Hadi itu adalah Haji Santosa Doellah,” tutur Haji Muhammad Najim, pengurus Masjid Raya Fatimah kepada kumparan, Selasa (5/6).

Baca juga: 

6 Film Indonesia Pengisi Libur Lebaran

Waspada Gendam Saat Mudik, Begini Cara Menghindarinya

 

Dari penjelasan Najim, pemilik Batik Danar Hadi memiliki kedekatan khusus dengan PB XII sehingga mendapatkan hibah Al-Qur’an raksasa ini. 

Terlepas dari itu, Al-Qur’an raksasa ini ditulis tangan langsung. Usianya pun diperkirakan sudah mencapai 250 tahun. Meski begitu, hingga sekarang belum diketahui secara pasti siapa yang telah bekerja keras menuliskan Al-Qur’an 30 juz lengkap.

Bahan-bahan pembuat kitab suci ini tidak bisa dibilang sembarangan. Tinta yang dibubuhkan penulis memiliki unsur emas murni dan bahan sampulnya terbuat dari kulit unta. 

Dengan adanya Al-Qur’an berukuran raksasa ini menjadi primadona tersendiri bagi masyarakat Solo. Tak hanya itu, dari keterangan Najim. Beberapa masyarakat ada yang rela datang dari tempat yang cukup jauh demi melihat kitab suci ini. 

(*)
 


Komentar Via Facebook :

Berita Terkait

close

Aplikasi Android Batamnews