6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Bersama Keluarga

6 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Mudik Bersama Keluarga

foto: http://thetanjungpuratimes.com

BATAMNEWS.CO.ID-Mudik ke kampung halaman bareng keluarga naik mobil memang jadi opsi yang murah meriah dan populer di kalangan pemudik.

Namun sebelum kamu memulai perjalanan, tentunya ada beberapa hal mendasar yang perlu diperhatikan.

Dihimpun detikTravel, Jumat (8/6/2018), berikut adalah beberapa hal esensial yang perlu disiapkan bagi pemudik yang ingin pulang kampung naik mobil:

1. Cek kondisi mobil

Namanya mudik naik mobil, tentunya kamu harus menyiapkan kondisi kendaraan seprima mungkin. Mulai dari oli, rem, kondisi ban, AC hingga lampu kendaraan harus dipastikan berfungsi sebelum memulai perjalanan.

Sebisa mungkin sempatkan satu hari kosong untuk melakukan servis berkala atau sekedar mengecek kondisi mobil di bengkel resmi langganan kamu.

2. Isi kartu elektronik

Bagi kamu yang ingin bepergian lewat tol, pastikan kamu telah mengisi sejumlah saldo yang cukup di kartu elektronik. Soalnya, seluruh tol di Indonesia sudah menggunakan kartu elektrik dan tak menerima uang tunai.

3. Manfaatkan rest area

Musuh utama dari pemudik yang naik mobil adalah rasa lelah dan ngantuk yang bisa datang setiap saat. Apabila kamu merasa ngantuk, segeralah istirahat. Jangan paksa menyetir karena bisa berbahaya.

4. Siapkan camilan kecil

Kita tidak pernah tahu perihal kondisi di lapangan. Baik untuk kamu yang puasa mau pun tidak, ada baiknya menyiapkan sejumlah perbekalan berupa minuman dan makanan ringan.

Umumnya sejumlah rumah makan akan sangat ramai jelang waktu berbuka. Apabila kamu ingin melanjutkan perjalanan pada waktu berbuka, sekedar menyantap minuman manis dan kue bisa mengganjal sementara sebelum makan berat.

5. Perhatikan jadwal kapal

Mungkin ada di antara traveler yang mudik dengan menaiki kapal feri dan menyeberang ke luar Pulau Jawa. Jika ya, pastikan kamu terlebih dulu mengetahui jadwal keberangkatan feri di pelabuhan terdekat.

6. Ketahui nomor darurat yang bisa dihubungi

Sekedar jaga-jaga, tidak ada salahnya untuk mencatat nomor darurat yang bisa dihubungi seandainya mobil bermasalah di tengah jalan tol dan lainnya. 


Komentar Via Facebook :
close

Aplikasi Android Batamnews